DPRD Gumas ajak masyarakat baca peluang jadi penyangga IKN

id DPRD Gumas ajak masyarakat baca peluang jadi penyangga IKN, kalteng, gumas, ekonomj, Gunung mas

DPRD Gumas ajak masyarakat baca peluang jadi penyangga IKN

Wakil Ketua I DPRD Gumas Binartha (kanan) dan Pj Bupati Herson B Aden saat mendengar pidato kenegaraan Presiden melalui siaran langsung di Kuala Kurun, Jumat (16/8/2024). ANTARA/HO-Diskominfosantik Gumas

Kuala Kurun (ANTARA) - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Binartha mengajak masyarakat di daerah setempat agar jeli membaca peluang dari keberadaan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur.

Peluang yang dimaksud salah satunya adalah Gumas bisa menjadi daerah penyangga IKN, ucapnya usai rapat paripurna Istimewa dengan agenda mendengar pidato kenegaraan Presiden melalui siaran langsung di Kuala Kurun, Jumat.

“Pembangunan IKN saat ini terus berjalan. Harapan saya, masyarakat Gumas bisa membaca peluang mengingat letak daerah kita terbilang dekat dengan IKN,” sambung politisi Partai Golkar itu.

Pria yang akrab disapa Obin ini menyebut, berdasarkan pengalaman pribadinya, jarak antara Gumas dengan IKN jika menggunakan jalur darat dapat ditempuh dalam jangka waktu belasan jam.

Tidak menutup kemungkinan waktu tempuh dari kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ menuju IKN akan semakin singkat, jika ke depan pemerintah membangun jalan tol atau infrastruktur kereta api.

Baca juga: Pj Bupati: Paskibraka di Gumas harus jadi pemimpin yang berintegritas

Oleh sebab itu, dia meminta masyarakat Gumas jeli membaca peluang dari kehadiran IKN. Peluang yang ada bahkan harus disiapkan sejak saat ini, khususnya untuk sektor pertanian.

 Lebih lanjut, pria kelahiran Kelurahan Tumbang Talaken Kecamatan Manuhing ini juga mengakui kinerja Presiden Joko Widodo, selama 10 tahun dipercaya menjadi orang nomor satu di Indonesia.

“Capaian Bapak Joko Widodo sangat luar biasa, seperti pertumbuhan ekonomi, pengendalian inflasi, penurunan angka stunting, dan lainnya. Kita semua harus bekerja keras supaya berbagai capaian tadi ke depan bisa semakin baik,” kata Obin.

Sebelumnya, Penjabat Bupati Gumas Herson B Aden juga mengakui kemajuan Indonesia di berbagai sektor sangat luar biasa. Berbagai sektor yang dimaksud baik itu pertumbuhan ekonomi, pengendalian inflasi, penurunan angka stunting, dan lainnya.

“10 tahun Bapak Joko Widodo memimpin, capaiannya sangat luar biasa. Kita di Gumas juga harus terus berjuang untuk memperbaiki berbagai indikator yang telah ditargetkan,” demikian Herson.

Baca juga: Semangat kerja PNS Gumas diharap lebih meningkat usai terima Satyalancana

Baca juga: Pemkab apresiasi komitmen Baznas Gumas bantu pelaku usaha mikro

Baca juga: Pemkab Gunung Mas bertekad raih penghargaan UHC kategori utama di 2025