Festival Budaya Nansarunai Jajaka Bartim dimulai 28 Agustus 2024

id Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Barito Timur, Kepala Dinas Kebudayaan Bartim, Bartim, Kalteng, Herawani, Festival Budaya Nansarunai Jajaka

Festival Budaya Nansarunai Jajaka Bartim dimulai 28 Agustus 2024

Sejumlah tenda untuk para pelaku UMKM memasarkan produk pada saat Festival Budaya Nansarunai Jajaka di Tamiang Layang, Senin (26/8/2024). ANTARA/HO.

Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga setempat, menggelar Festival Budaya Nansarunai Jajaka (FBNJ) 2024, mulai Rabu – Sabtu, tanggal 28-31 Agustus 2024.

"Kami saat ini terus mempersiapkan segalanya, agar acara bisa terlaksana dengan baik dan lancar. Untuk kesiapannya sudah maksimal," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Herawani di Tamiang Layang, Senin.

Dikatakan, Penjabat Bupati Barito Timur, Indra Gunawan akan membuka  FBNJ di Ruang Terbuka Hijau Taman Nansarunai, Tamiang Layang. Even tahunan yang menyajikan khas budaya khas Bartim itu juga akan diisi berbagai lomba seperti lomba fashion carnaval, lomba nipet (menyumpit), lomba malamang (membuat makanan khusus lamang), lomba neweng, lomba tarian daerah, pertandingan sepak sawut (sepak bola buah kelapa yang menyala), lomba band etnik, lomba bakahing, lomba lawang sakepeng, lomba masakan tradisional, lomba balogo, lomba mangatek dan pemilihan raden ninu & putri bunsu.

"Jenis kegiatan pada FBNJ 2024 sudah tersusun dan sudah mendapat persetujuan Penjabat Bupati Barito Timur, Ungkap Herawani lagi.

Baca juga: KPU ajak media kolaborasi sukseskan Pilkada Bartim 2024

Ditambahkan, dalam gelaran FBNJ 2024, Disbudparpora juga bekerjasama dengan Disperindagkop dan UKM setempat, dengan menyediakan Tenda Jualan atau Lapak untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Sehingga Berbagai aneka produk UMKM bisa dipasarkan. Hal ini juga sebagai upaya meningkatkan usaha bagi UMKM dan membantu sekaligus membina pelaku UMKM.

Pemerintah Kabupaten Barito Timur akan menggelar acara untuk menghibur masyarakat, dimana melalui panitia untuk menyajikan berbagai kegiatan yang berkaitan adat budaya Barito Timur.

"Acaranya keren, banyak juga produk UMKM –nya," Kata Ayu di lokasi stan UMKM pada FBNJ 2024.

Baca juga: Sosialisasikan e-katalog, Pemkab Bartim dukung penggunaan produk dalam negeri

Baca juga: Barito Timur memerlukan gudang Bulog sebagai penyangga IKN

Baca juga: Enam OPD Pemkab Bartim raih nilai terbaik hasil evaluasi internal AKIP 2024