Harhubnas perkuat semangat tingkatkan kualitas pelayanan di Kotim

id pemkab kotim, harhubnas 2024, hari perhubungan nasional, wabup irawati, sampit, kotawaringin timur

Harhubnas perkuat semangat tingkatkan kualitas pelayanan di Kotim

Wakil Bupati Kotim Irawati melepas peserta jalan sehat dalam rangka peringatan Harhubnas 2024, Sabtu (14/9/2024). (ANTARA/Devita Maulina)

Sampit (ANTARA) -
Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah Irawati menyebut peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) merupakan momentum memperkuat semangat kebersamaan dan kolaborasi seluruh elemen bangsa, khususnya di sektor transportasi.
 
“Kami sangat mendukung semangat tersebut agar terus meningkatkan kualitas pelayanan transportasi laut dan darat, sehingga konektivitas antar wilayah semakin baik, yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Irawati di Sampit, Sabtu.
 
Hal ini ia sampaikan saat membuka kegiatan jalan sehat dalam rangka memperingati Harhubnas 2024 yang digelar insan perhubungan di Kotim, meliputi Bandara Haji Asan Sampit, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Perhubungan (KSOP) Kelas III Sampit dan Dinas Perhubungan Kotim.
 
Irawati menuturkan, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, dengan lebih dari 17.000 pulau yang tersebar di 38 provinsi, Indonesia memiliki tantangan besar dalam menjaga konektivitas antar wilayah. 
 
Dalam hal ini, perhubungan menjadi elemen krusial, bukan hanya dalam mendukung perekonomian nasional, tetapi juga sebagai alat pemersatu bangsa, melalui sinergi di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.
 
Agar fungsi perhubungan bisa berjalan optimal, dibutuhkan kebersamaan dan kolaborasi seluruh elemen di dalamnya. Pihaknya pun mengapresiasi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, yang memberikan imbauan seluruh unit pelaksana teknis (UPT) menggelar berbagai kegiatan positif menyambut Harhubnas. Sebab, dengan begitu bisa memperkuat kebersamaan dan kolaborasi antar insan perhubungan.
 
“Kegiatan jalan sehat yang kita lakukan pagi ini bukan hanya bertujuan menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga sebagai simbol kebersamaan dan gotong-royong kita dalam memajukan Kotim,” ujarnya.

Baca juga: Potensi karhutla kembali meningkat, BMKG Kotim imbau masyarakat waspada
 
Irawati juga mengajak semua pihak, baik pemerintah, swasta, dan seluruh masyarakat, untuk berpartisipasi aktif dalam mewujudkan keselamatan, efisiensi, dan kualitas transportasi yang lebih baik di daerah.
 
Harhubnas 2024 mengangkat tema yang relevan dengan kebutuhan daerah maupun masyarakat, yakni soliditas dan integrasi dalam membangun negeri. 
 
Ketua Panitia Peringatan Harhubnas Kotim Darinto menyampaikan pihaknya menyiapkan rangkaian kegiatan untuk memperingati Harhubnas tahun ini, mulai dari donor darah, kerja bakti dan jalan sehat 
 
Kemudian, puncaknya adalah kegiatan upacara peringatan Harhubnas pada 17 September 2024 di halaman kantor Dinas Perhubungan Kotim.
 
“Untuk jalan sehat ini kami fokuskan di sekitar bandara karena lingkungannya mendukung, untuk pengerahan massa atau peserta jalan sehat tidak mengganggu masyarakat yang berlalu lintas,” jelasnya.
 
Ratusan peserta yang merupakan karyawan atau pegawai di instansi perhubungan bersama keluarga, melakukan jalan santai sepanjang 2,5 kilometer dari pintu akses bandara yang baru memutar ke Jalan Samekto ke pintu masuk yang lama.
 
Di samping meningkatkan rasa kebersamaan kegiatan ini juga mengajarkan insan perhubungan agar senantiasa menerapkan hidup sehat.
 
Memperingati hari yang bersejarah ini, Darinto berharap ke depannya sektor perhubungan di Kotim semakin berkembang, baik jalur laut, darat maupun udara.
 
Terlebih, di Bandara Haji Asan Sampit baru dibuka kembali rute penerbangan Sampit-Surabaya yang dinilai dapat mendukung perekonomian di Kotim.
 
“Sesuai dengan slogan peringatan Harhubnas yang digaungkan oleh Kementerian Perhubungan, yakni Transportasi Maju Nusantara Baru,” demikian Darinto.

Baca juga: Bupati Kotim lantik Sanggul Lumban Gaol menjadi Penjabat Sekda

Baca juga: Enam Sekolah Penggerak di Kotim ikuti lokakarya

Baca juga: Penerbangan perdana NAM Air rute Sampit-Surabaya terisi penuh