Animo Pendaftaran Calon CPNS Barito Utara Tinggi

id Pelamar CPNS Animo Pendaftaran Calon CPNS Barito Utara Tinggi, CPNS, Barut, Kalteng

Animo Pendaftaran Calon CPNS Barito Utara Tinggi

Para pelamar CPNS saat mengikuti sosialisasi pendaftaran sistem CAT di Gedung Darma Wanita, Palangka Raya (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Animo para pelamar calon pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah yang mendaftar hingga 29 September 2014 melalui sistem online relatif tinggi.

"Sejak dibuka pendaftaran pada Senin (15/9) secara online, sistem baru bisa dilihat hari ini, mungkin karena banyak yang masuk mendaftar sehingga sistem mengalami hambatan," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Barito Utara, Masdulhaq di Muara Teweh, Selasa.

Menurut Masdulhaq, pendaftaran secara online di portal http://panselnas.menpan.go.id,

baru bisa di akses pada Selasa (16/9) sekitar pukul 11.00 Wib.

Setelah itu puluhan nama pendaftaran lengkap dengan datanya tercatat sampai pukul 15.00 Wib sudah mendaftar sebanyak 98 orang.

"Angka ini dipastikan terus bertambah karena sistem online ini buka 24 jam," katanya.

Masdulhaq menjelaskan dalam mendaftar secara online itu pelamar akan mendapatkan unsername, password dan link registrasi untuk melanjutkan pendaftaran dengan cara mengirimkan biodata seperti nama, tempat tanggal lahir serta nilai Indeks Prestasi Komulatif (IPK) minimal 2,50 melalui email aktif yang didaftar sebelumnya.

Setelah selesai proses pendaftaran dan dinyatakan memenuhi syarat oleh pihak panselnas serta dibalas sebagai bukti registrasi pendaftaran online tersebut dicetak atau diprint untuk dilampirkan sebagai syarat adminitrasi.

Bukti pendaftaran secara online tersebut dimasukan bersamaan dengan surat lamaran beserta lampirannya dalam amplop tertutup yang dikirim lewat kantor pos atau PT Pos Indonesia dan dialamatkan kepada Bupati Barito Utara Up. Kepala Kepegawaian Daerah Kabupaten Barito Utara, Jalan A Yani No 88 Muara Teweh, Kode Pos 73811.

Selanjutnya, para pelamar mencantumkan jabatan yang dilamar pada bagian kiri atas amplop dan kode intansi 6702, kemudian pada bagian dibelakang amplop agar dicantumkan nama, email dan alamat lengkap pelamar.

"Surat lamaran yang dikirim melampaui batas akhir waktu penerimaan berkas lamaran sebagaimana tercantum dalam resi pengiriman/stempel pos tidak akan diproses dan dinyatakan gugur dengan sendirinya," jelas dia.

Dia mengatakan tahun ini Kabupaten mendapat kouta penerimaan CPNS sebanyak 85 formasi berkurang dibanding formasi CPNS tahun 2013 mencapai 171 orang.

Formasi CPNS tahun ini antara lain 30 tenaga kesehatan, 25 orang tenaga pendidikan dan 25 formasi untuk tenaga teknis serta lima orang tenaga di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muara Teweh.

Untuk tingkat pendidikan S1 terbanyak untuk formasi tenaga teknis akutansi ada 11 formasi dan D3 ada tiga orang.

"Para pelamar dengan tingkat pendidikan dari Diploma tiga (D3) sampai strata satu (S1)," katanya.

Tes rekrutmen CPNS nantinya juga akan dilakukan dengan menggunakan Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri (SSCPN) dan juga system Computer Assisted Test (CAT).

"Untuk tes yang digelar pada 13 Oktober 2014 nanti pihaknya menyediakan hanya 50 komputer.Maka serapan sehari hanya 250 orang, bisa dibayangkan kalau pelamarnya ribuan, tentunya akan memakan waktu lama dalam pelaksanaan tes tersebut," katanya.




(T.K009/B/M009/M009)