Bupati Pulpis Minta SKPD Pilah Usulan Prioritas

id pulang pisau, bupati pulpis, skpd pulpis

Bupati Pulpis Minta SKPD Pilah Usulan Prioritas

Bupati Pulang Pisau (Pulpis), H Edy Pratowo. (Foto Antara Kalteng/Adi Waskito)

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Bupati Pulang Pisau (Pulpis), H Edy Pratowo meminta setiap SKPD dapat memilah usulan yang prioritas dan bukan untuk musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten yang pelaksanaannya pada tahun 2017.

Beberapa isu strategis yang dihadapi pemerintah Pulpis diantaranya peningkatan kualitas SDM, pengembangan peningkatan infrastruktur, sistem pelayanan kesehatan di daerah terpencil yang masih belum optimal harus disikapi oleh SKPD.

"Belum lagi optimalnya pengembangan potensi daerah di berbagai sektor dalam upaya mendongkrak perekonomian masyarakat. Upaya itu, perlu didukung tersedianya infrastruktur dan prasana wilayah yang memadai” ujar Edy Pratowo, Selasa, usai membuka Musrenbang tingkat Kabupaten Pulang Pisau di Aula Bappeda.

Musrenbang yang dilaksanakan pemerintah setempat, kata dia, menjadi salah satu dasar perencanaan pembangunan untuk tahun 2017. Selain pelaksanaan anggaran berbasis kinerja, usulan-usulan pembangunan juga diarahkan kepada optimalisasi anggaran yang tepat sasaran.

Melalui pelaksanaan Musrenbang ini, kata dia, SKPD harus bisa memilah berbagai usulan-usulan yang menjadi prioritas dan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang telah memuat visi dan misi yang akan dicapai oleh pemerintah daerah.

Dikatakannya, Musrenbang merupakan parameter pembangunan yang berkelanjutan. Ini sejalan dengan visi dan misi pemerintahan yang ada saat ini.

Ia menekankan, selain merumuskan dan memantapkan berbagai usulan, dalam proses perencanaan harus ada konsistensi dari setiap SKPD dalam pelaksanaannya di masa mendatang.

Lebih lanjut disampaikan Edy Pratowo, Musrenbang merupakan salah satu dari seluruh rangkaian tahapan perencanaan pembangunan daerah. Pada kegiatan ini seluruh SKPD dan kecamatan saling mensinkronisasikan semua rencana pembangunan, dan agar usulan bisa lebih terfokus difasilitasi dan dikoordinasikan melalui pihak Bappeda.