Sebanyak 1.394 KPM di Sukamara Sudah Terima Rastra

id penyaluran rastra,pemkab sukamara,Dayasos dan PFM,Dinsos PMDPP-PA Sukamara

Sebanyak 1.394 KPM di Sukamara Sudah Terima Rastra

Kepala Bidang Dayasos dan PFM Sukamara, Sumardi. (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Sukamara, Provinsi Kalimantan Tengah telah menyalurkan Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT) dan Bansos Beras Sejahtera (Rastra) kepada 1.394 keluarga penerima manfaat (KPM) yang ada di daerah itu. 

"Untuk Kabupaten Sukamara sesuai Surat Ketetapan Manteri Sosial penerima rastra sebanyak 1.394 KPM dan bantuan tersebut sudah disalurkan di setiap desa," kata Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin (Dayasos dan PFM) Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PMDPP-PA) Sukamara, Sumardi, Rabu. 

Menurutnya, Program bantuan sosial Rastra berbeda dengan raskin dimana untuk raskin penerima atau KPM mendapat jatah 15 kg/ KPM dan membayar harga sesuai dengan ketentuan, sedangkan untuk rastra KPM hanya menerima sebesar 10 kg, namun tidak dipungut biaya.

Sedangkan untuk penyaluran rastra pada tahun 2018 ini masih dilaksanakan secara manual kepada penerima rastra, akan tetapi pada tahun depan penyaluran rastra akan menerima kartu rastra elektronik.

Dimana, melalui kartu tersebut penerima rastra mendapatkan bahan beras melalui warung atau Rumah Pangan Kita ( RPK ) atau penyalur yang ditunjuk oleh perbankan.

"Dengan Kartu yang sudah diisi, KPM langsung bisa melakukan pengesekan, sedangkan yang bisa ditarik melalui kartu ini hanya berupa beras dan telur saja," terang Mardi

Dikatakannya, untuk penyaluran rastra ini juga berbeda dengan penyaluran raskin, dimana dalam penyaluran raskin, dilaksanakan pertiga bulan sekali, namun untuk penyaluran rastra dilaksanakan setiap bulan sebelum tanggal 25.

Dan dari data yang diterima oleh pemerintah Kabupaten Sukamara, penerima rastra per Kecamatan meliputi, Kecamatan Sukamara sebanyak 386 KPM, Balai Riam sebanyak 252 KPM, Pantai Lunci sebanyak 276 KPM, Jelai sebanyak 205 KPM dan Permmata Kecubung 266 KPM