PT Maslapita gelar pengobatan gigi gratis di SDN Mawani dan SDN 2 Jaweten

id barito timur,kabupaten barito timur,Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia,Sinarmas group,SDN Mawani,SDN 2 Jaweten

PT Maslapita gelar pengobatan gigi gratis di SDN Mawani dan SDN 2 Jaweten

Salah satu Dokter gigi dari tim Yayasan Budha Tzu Chi cabang Sinarmas memeriksa gigi murid SDN Mawani. (Foto Dokumentasi PT Maslapita)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - PT Maslapita bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Perwakilan Sinarmas group, menggelar pengobatan gigi bagi gratis kepada para siswa di SDN Mawani Desa Mawani, Kecamatan Patangkep Tutui dan SDN 2 Jaweten Desa Jaweten, Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur.

HRGA Section Head PT Maslapita Yaldi Afrialdi mengatakan, pengobatan dilaksanakan melalui program coorporate sosial responbility (CSR) sebagai bukti nyata kepedulian perusahaan kepada masyarakat dan pihak sekolah serta siswa-siswa sekolah dasar selaku generasi bangsa. 

"Melalui pengobatan ini, kami ingin menciptakan generasi muda yang hebat, sehat dan kuat, sekaligus terjalin komunikasi serta kerjasama yang baik antara perusahaan dan masyarakat," katanya di Tamiang Layang, Jum'at.

Dalam pengobatan gigi gratis itu, pihak perusahaan langsung mendatangkan dokter gigi dari Jakarta dan tim Sinarmas untuk melihat secara langsung kondisi kesehatan gigi para siswa sekolah dasar itu.

Kegiatan diawali dengan edukasi tentang cara perawatan kesehatan gigi secara baik dan benar yang langsung dilakukan oleh Dokter gigi dari tim Yayasan Budha Tzu Chi cabang Sinarmas. Dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan gigi bagi setiap siswa dari kelas 1 sampai 6. 

Meski awalnya ada keraguan dan malu-malu dari para siswa kelas 1-3 saat akan diperiksa giginya, namun setelah diberi penjelasan dari tim Yayasan, PT Maslapita dan dokter gigi dengan keramahan, akhirnya mereka berani untuk diperiksa giginya satu per satu. 

Setelah diperiksa gigi, para murid pun diberikan satu paket kebersihan gigi (pasta gigi, sikat gigi, aneka makanan ringan dan celengan), kemudian semua murid dikumpulkan dihalaman sekolah untuk kegiatan sikat gigi bersama dengan didampingi oleh tim dari PT Maslapita.

Kesehatan gigi sangat penting. Selain sebagai unjuk tampilan, gigi merupakan benteng pertahanan tubuh karena mengunyah makanan yang masuk ke tubuh sehingga mudah dicerna sehingga berdampak pada kesehatan tubuh.
 
Mewakili manajemen PT. Maslapita, Yaldi Afrialdi (HRGA Section Head) memberi sambutan kepada dewan guru dan murid SDN Mawani dalam kegiatan pengobatan gigi. (Foto Dokumentasi PT Maslapita)

Anak-anak yang terlihat ceria itu juga diajarkan cara menggosok gigi yang baik dan benar. Anak murid yang mendapatkan pengobatan gigi berjumlah 234 terdiri dari  103 dari SDN Mawani dan 131 murid dari SDN 2 Jaweten. 

"Apa yang kita lakukan sesuai motto kita, yakni bersyukur, saling menghargai dan cinta kasih universal. Kami ingin turut serta membangun Barito Timur menuju Gumi Jari Jananh Kalalawah," kata Yaldi.

Sementara itu, Kepala SDN Mawani Joko Basuki SPd mengucap syukur dan berterimakasih atas pengobatan gratis berupa gigi yang dilaksanakan pihak perusahaan.

"Kami juga berharap kegiatan CSR PT. Maslapita dan Yayasan Tzu Chi cabang Sinar Mas, agar bisa terus terjalin kerjasama  secara berkelanjutan yang baik untuk masyarakat, terutama kesehatan murid," kata Joko.