Kehadiran Tim ekspedisi APPSI momentum kenalkan produk unggulan Kalteng

id kalimantan tengah,sekda kalteng,fahrizal fitri,Tim Ekpedisi APPSI 2018,Ketua Tim Ekpedisi APPSI Kiagus Firdaus

Kehadiran Tim ekspedisi APPSI momentum kenalkan produk unggulan Kalteng

(kiri) Penjabat Sekda Kalteng Fahrizal Fitri menerima plakat kenang-kenangan dari Ketua Tim Ekpedisi APPSI Kiagus Firdaus, di Palangka Raya, Jumat (19/10/18). (Foto Humas Pemprov Kalteng)

APPSI ingin dengan adanya wadah 34 gubernur ini dapat membuat tabulasi suply-demand yang selama ini tidak terkoneksi dengan baik, semuanya langsung menuju Jakarta
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Kehadiran tim ekspedisi jalur darat bentukan Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Kota Palangka Raya, momentum yang tepat dalam memperkenalkan berbagai produk-produk unggulan provinsi ini.

Pernyataan itu disampaikan Penjabat Sekda Kalteng Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Sugianto Sabran, saat menyambut kehadiran Tim Ekspedisi Jalur Darat di Palangka Raya, Jumat.

"Kami juga mengharapkan Tim ekspedisi dapat mengeksplorasi Provinsi Kalteng dan membangun kerjasama serta kolaborasi antar daerah dalam hal memajukan perekonomian, khususnya UMKM menuju Kalteng BERKAH," ucapnya.

Pada kesempatan itu disampaikan bahwa Gubernur Kalteng dalam mengembangkan provinisi ini dengan membaginya ke dalam tiga zona, yakni barat, tengah, dan timur. Ketiga zona itu memiliki keungulannya masing-masing.

Untuk zona barat terdiri dari Kabupaten Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Lamandau, Seruyan dan Sukamara dengan pengembangan potensi kelapa sawit (CPO), Pertambangan (baja, nikel, alumunium, dll), perikanan tangkap, Pariwisata, kopi, tebu, pertanian.

Zona Tengah terdiri dari Kabupaten Gunung mas, Pulang Pisau, Katingan, Kapuas dan Kota Palangka Raya yang memiliki potensi pertanian, kelapa sawit, tebu, tambang dan pusat kuliner atau makanan.

Sedangkan Zona Timur yang terdiri dari Kabupaten Barito Utara, Barito Selatan, Barito Timur dan Murung Raya memiliki potensi pertambangan, hasil hutan, kopi, coklat dan tebu.

"Bapak Gubernur ingin mengembangkan dan mengoptimalkan pengelolaan potensi di tiga zona tersebut, agar memberikan kemakmuran dan kesejahteraan bagi 
masyarakat di Kalteng," kata Fahrizal.

Tim ekspedisi jalur darat bentukan APPSI tersebut bertugas mengunjungi serta mendata potensi 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Sementara itu, Ketua Tim Ekpedisi APPSI Kiagus Firdaus mengatakan, melalui ekspedisi ini akan dibuat tabulasi ketersedian dan permintaan akan suatu komoditas. Tabulasi itu nantinya menjadi pedoman sinergi kerjasama perdagangan antar daerah.

"APPSI ingin dengan adanya wadah 34 gubernur ini dapat membuat tabulasi suply-demand yang selama ini tidak terkoneksi dengan baik, semuanya langsung menuju Jakarta," kata Kiagus.

Selain itu, tujuan ekspedisi ini juga diharapkan bisa mengupas atau mengeksplorasi apa yang dimiliki Kalteng agar terekspos ke daerah lain seperti untuk potensi pariwisata dan sumber daya alam lainnya.

"Itulah sebabnya tim kami juga bekerja sama dengan buka lapak. Jadi, berbagai potensi tersebut dapat langsung dipromosikan," kata Kiagus.