PLN targetkan 4 hari perbaikan menara SUTT roboh selesai [video]

id PLN Roboh ,PLN targetkan 4 hari perbaikan menara SUTT roboh selesai,Palangka Raya,listrik palangka raya mati total

PLN targetkan 4 hari perbaikan menara SUTT roboh selesai [video]

Menara SUTT ketika roboh di kawasan di Jalan Mahir Mahar Palangka Raya. (Foto Ist)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Perusahaan Listrik Negara (PLN) menargetkan perbaikan menara Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt di Jalan Mahir Mahar Palangka Raya selesai maksimal empat hari ke depan.

"Proses pemulihan akan dilakukan dengan membangun tower sementara yang mana informasi sementara akan memakan waktu dua hingga empat hari. Selama itu aliran listrik akan tetap terputus," kata Manajer Bagian Pemasaran dan Layanan Pelanggan PLN Palangka Raya, M Anwari saat dikonfirmasi melalui telpon genggamnya, Jumat.

Dia mengatakan, saat ini para petugas sedang dalam tahap proses mobilisasi material ke lokasi. Material tersebut ada yang berasal dari Kabupaten Pulang Pisau maupun dari Banjar Baru, Provinsi Kalimantan Selatan.

"Kami mohon doa dari seluruh masyarakat agar upaya kami dalam mendirikan tower darurat dapat berjalan lancar sehingga suplai listrik ke pelanggan di Kalimantan Tengah kembali normal," katanya.

Baca juga: Tim dikerahkan inveastigasi penyebab robohnya SUTT

Melalui pernyataan tertulis, Manager Komunikasi Unit Induk Wilayah Kalselteng, M. Yusfiansyah menerangkan menara SUTT itu roboh pada Jumat (02/10) pukul 00.28 WIB.

Dampak dari musibah tersebut menyebabkan Sistem Interkoneksi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah terputus. Beberapa Gardu Induk (GI) yakni GI Palangka Raya, GI Kasongan, GI Sampit dan GI Bagendang padam sehingga suplai listrik ke pelanggan saat ini terputus.

Suplai listrik untuk wilayah tersebut mengalami kehilangan daya sebesar 63 Mega Watt (MW).

Upaya pemulihan yang dilakukan PLN Kalselteng adalah dengan mendirikan Tower Darurat yang akan digunakan sebagai pengganti SUTT 150 KV yang roboh. Saat ini petugas kami sedang dalam tahap proses mobilisasi material ke lokasi.

Sementara Sistem Interkoneksi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah terputus, suplai listrik untuk Kota Palangka Raya dan sekitarnya mengandalkan PLTD Kahayan dan PLTD Baamang dengan total daya 17,5 MW.

Kami mohon doa dari seluruh masyarakat agar upaya kami dalam mendirikan Tower Darurat dapat berjalan lancar sehingga suplai listrik ke pelanggan di Kalimantan Tengah kembali normal.