Kapan tubuh kita memerlukan antibiotik?

id Antibiotik, sakit, bakteri

Kapan tubuh kita memerlukan antibiotik?

Ilustrasi - Antibiotik (pixabay.com)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Ada kalanya dokter meresepkan antibiotik kepada pasien yang terjangkit infeksi beserta petunjuk pemakaian, misalnya harus diminum berapa kali sehari.

Secara umum, terdapat empat mikroba yang menjadi penyebab infeksi, yaitu bakteri, virus, jamur dan parasit. Orang awam sering keliru menyamakan bakteri dengan virus, padahal keduanya merupakan mikroba yang berbeda.

Kapan kita perlu minum antibiotik saat sedang sakit?

dr.Harry Parathon SpOG(K) dari Komite Pengendalian Resistensi Antimikroba Kemenkes RI menegaskan penggunaan antibiotik dipakai untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh bakteri, bukan virus.

“Misalnya flu, diberi antibiotik kurang tepat. Flu karena virus,” kata dia saat acara diskusi kesehatan mengenai bakteri di Jakarta, Senin.

Infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri umumnya menunjukkan gejala yang sama seperti batuk, pilek, demam, radang, muntah dan diare. Untuk mengetahui penyebab penyakit, dokter perlu melakukan diagnosis yang tepat sehingga dapat menentukan obat yang tepat untuk penyakit tersebut.

Perlu diingat, untuk menggunakan antibiotik sebaiknya berdasarkan anjuran dokter karena tergolong obat keras. Penggunaan antibiotik yang tidak tepat dapat membunuh bakteri baik, atau flora normal, di dalam tubuh.

Padahal, salah satu satu fungsi flora normal di tubuh adalah untuk memerangi bakteri jahat. Penggunaan antibiotik yang tidak tepat juga dapat mengakibatkan bakteri resisten sehingga perlu dosis yang lebih tinggi untuk membunuhnya.

dr. Anis Karuniawati dari Komite Pengendalian Resistensi Antimikroba Kemenkes RI mengingatkan obat keras ini sebaiknya tidak dikonsumsi tanpa pengawasan dokter, pun kita sebaiknya tidak sembarangan membeli di apotek.

Ketika mendapatkan antibiotik, sebaiknya ikuti petunjuk pemakaian dari dokter, misalnya diminum tiga kali sehari dengan jeda 8 jam. Anis menyarankan untuk mengikuti jeda selama 8 jam tersebut, bukan hanya meminum antibiotik tiga kali dalam sehari.

Alasannya, bakteri memiliki aktivitas tertentu setiap 8 jam sehingga antibiotik akan dapat membunuh bakteri secara tepat jika mengikuti jeda tersebut.