Disdukcapil Kotim terus berbenah meski raih penghargaan

id Disdukcapil Kotim terus berbenah meski raih penghargaan,Dinas kependudukan,Kotawaringin Timur,Agus Tripurna tangkasiang,Sampit,KTP

Disdukcapil Kotim terus berbenah meski raih penghargaan

Kepala Disdukcapil Kotim Agus Tripurna Tangkasiang ikut melayani warga, belum lama ini. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (ANTARA) - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah Agus Tripurna Tangkasiang menyatakan pihaknya akan terus berbenah dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Sejak saya ditugaskan di sini, saya sudah berkomitmen untuk terus membenahi dan meningkatkan kinerja kami dalam melayani masyarakat. Kami juga membuka diri terhadap saran dan masukan dari masyarakat," kata Agus di Sampit, Selasa.

Berbagai terobosan dilakukan untuk mengoptimalkan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat. Hal itu mengingat, masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, khususnya pencetakan kartu tanda penduduk (KTP) yang masih tersisa dari hasil pendataan beberapa tahun lalu.

Agus yang baru beberapa bulan memimpin Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, berusaha keras untuk menyelesaikan "tunggakan" pekerjaan yang sudah ada sejak dirinya belum menjabat tersebut. Kini secara perlahan upaya perbaikan yang dilakukannya bersama seluruh pegawai setempat mulai membuahkan hasil.

Belum lama ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kotawaringin Timur menerima penghargaan dari Ombudsman Perwakilan Kalimantan Tengah. Piagam penghargaan diberikan dengan predikat kepatuhan tinggi 2018 terhadap standar pelayanan publik sesuai Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Piagam tertanggal 24 April 2019 itu ditandatangani Kepala Ombudsman Perwakilan Kalimantan Tengah Thoeseng TT Asang. Penghargaan ini menunjukkan pengakuan terhadap perbaikan yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Meski menerima penghargaan, Agus menegaskan pihaknya akan terus melakukan perbaikan dan meningkatkan kinerja. Menurut Agus, masih ada yang harus dibenahi dan ditingkatkan demi pelayanan prima kepada masyarakat.

Beberapa fasilitas yang perlu dilengkapi di antaranya toilet umum, ruang ibu menyusui, ruang bermain anak, jalur khusus bagi penyandang disabilitas dan kursi roda. Semua fasilitas itu diharapkan bisa dipenuhi pada tahun ini.

Sementara itu terkait perekaman KTP elektronik, Agus menyebutkan saat ini jumlah wajib KTP sebanyak 280.123 jiwa dari 411.850 jiwa jumlah penduduk Kotawaringin Timur.
Hingga akhir April lalu perekaman data KTP sudah mencapai 96 persen. Pihaknya menargetkan perekaman data KTP pada Agustus nanti mampu mencapai 99 persen.