BI ungkap kendala dan tantangan Kalteng kembangkan industri CPO

id BI Kalteng,Deputi Kepala Perwakilan BI Kalteng,Setian,Kalteng,perkembangan industri sawit kalteng,kendala sawit kalteng

BI ungkap kendala dan tantangan Kalteng kembangkan industri CPO

Deputi Kepala Perwakilan BI Kalteng Setian. (ANTARA/HO-BI Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Bank Indonesia melihat perkembangan industri pengolahan minyak sawit mentah atau atau (crude palm oil)di Provinsi Kalimantan Tengah, masih mengalami sejumlah kendala dan tantangan.

Adapun kendala yang dihadapi adalah masih rendahnya produktivitas kelapa sawit dan kurangnya kualitas sumber daya manusia (SDA), kata Deputi Kepala Perwakilan BI Kalteng Setian di Palangka Raya, Jumat.

"Keterbatasan infrastruktur penunjang juga menjadi tantangan, karena berdampak pada semakin tingginya biaya logistik industri kelapa sawit," beber dia.

Melihat kondisi tersebut, BI menganggap perlu ada sinergisitas semua pihak yang terlibat dalam industri pengolahan tersebut, baik di sektor hulu hingga hilir. Kebijakan pemerintah, baik dari sisi fiskal maupun struktural perlu dibuat untuk mengatasi berbagai kendala tersebut.

Setian mengatakan bahwa pihaknya ada membuat sejumlah rekomendasi yang perlu dilakukan pemerintah, yakni, peningkatan produktivitas CPO, penyempurnaan aturan industri sawit, dan promosi serta penjajakan kerjasama bilateral.

"Untuk peningkatan produktivitas CPO, bisa dilakukan dengan mempercepat realisasi replanting sawit, edukasi terkait pengolahan TBS sawit kepada petani," kata Setian.

Baca juga: Ekonomi Kalteng tetap tumbuh sekalipun perekonomian global melambat

Selain itu, lanjut dia, mengadakan program jejaring kemitraan dengan petani kelapa sawit, mengintensifkan lahan menggunakan bibit unggul dan melakukan pemupukan yang efektif.

Sedangkan untuk penyempurnaan aturan industri sawit, dapat dilakukan dengan pemberian subsidi atau pengenaan biaya lebih murah terhadap sertifikat ISPO, serta memperbaiki RTRWP agar ada kepastian status lahan dan kawasan hutan.

"Untuk promosi dan penjajakan kerjasama bilateral, perlu aktif mempromosikan produk hasil sawit kalimantan ke pasar-pasar baru, khususnya ke Benua Afrika," kata setian.

BI Kalteng juga menyarankan perlunya ada langkah menengah dan panjang dalam mengembangkan industri tersebut, yakni pengembangan produk hilirisasi, dukungan pemerintah daerah dalam mendorong pembangunan pabrik hilir melalui kemudahan perizinan investasi.

"Ekspansi pasar ekspor baru dengan terlebih dahulu mengidentifikasi peluang ekspansi ekspor CPO dan membentuk trade agreement," demikian Setian.

Baca juga: BI Kalteng komitmen bantu wartawan menyajikan berita ekonomi

Baca juga: BI mencatat kondisi perbankan di Kalteng alami pertumbuhan