Warga wajib berpartisipasi awasi pembangunan, kata Ketua DPRD

id palangka raya,sigit k yunianto,dprd kota palangka raya

Warga wajib berpartisipasi awasi pembangunan, kata Ketua DPRD

da (Foto/ANTARA/Rendhik Andika)

Kontrol masyarakat sangat diperlukan dalam menyukseskan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah kota
Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto mengajak masyarakat berpartisipasi aktif mengawasi pelaksanaan proyek pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah.

"Kontrol masyarakat sangat diperlukan dalam menyukseskan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah kota. Partisipasi masyarakat dalam pengawasan penting dilakukan dalam rangka memastikan pembangunan sesuai ketentuan," kata Sigit di Palangka Raya, Jumat.

Baca juga: Menko Polhukam ditusuk, ini tanggapan legislator Palangka Raya

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan, masyarakat jangan hanya menyampaikan aspirasi saja tanpa ikut aktif melakukan pengawasan dan turut mengevaluasi pelaksanaan pembangunan daerah.

Pria yang menjadi sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalteng itu mengajak masyarakat proaktif mengawasi berbagai proyek pembangunan yang dilaksanakan pemerintah, baik dalam kota maupun di daerah pinggiran kota.

"Saya minta semua elemen masyarakat secara aktif mengawasi proyek-proyek pembangunan dari pemerintah, karena sejatinya setiap proyek pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat bukan sebaliknya," kata Sigit.

Masyarakat, kata dia,  jangan takut melapor ke DPRD "Kota Cantik" jika menemukan indikasi kecurangan hingga penyelewengan pengerjaan proyek pembangunan yang dilakukan menggunakan anggaran negara.

Oleh sebab itu, masyarakat berperan penting melakukan pengawasan guna membantu kinerja pemerintah dalam melanjutkan pembangunan yang adil dan merata.

Dia juga mengharapkan pekerjaan proyek pemerintah tidak terkesan asal-asalan, sedangkan warga bisa merasakan hasil dari kelanjutan pembangunan itu.

"Apabila dalam proses pengerjaan pembangunan berjalan maksimal dan sesuai dengan aturan yang ada, maka hasilnya pun tentu akan dirasakan warga Kota Palangka Raya secara maksimal pula," kata ketua DPRD Kota Palangka Raya tiga periode itu.

Baca juga: DPRD Palangka Raya soroti penurunan fungsi drainase

Baca juga: DPRD Palangka Raya minta jaga fasilitas wisata dari oknum jahil

Pewarta :
Editor : Rachmat Hidayat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar