BUMDes Karya Bersama Bartim kelola objek wisata wujudkan kemandirian desa

id BUMDes Karya Bersama kelola objek wisata wujudkan kemandirian desa,Wisata,Barito Timur,Pariwisata

BUMDes Karya Bersama Bartim kelola objek wisata wujudkan kemandirian desa

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas meresmikan objek wisata DAM Turan Amis dengan harapan bisa mewujudkan kemandirian desa Turan Amis Kecamatan Raren Batuah, Kamis (24/10/2019). ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Badan Usaha Milik Desa Karya Bersama menjadi BUMDes pertama di Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah yang mengelola objek wisata hingga berkembang dan berpotensi menghasilkan pendapatan bagi desa Turan Amis Kecamatan Raren Batuah.

"Manfaat DAM atau bendungan yang ada di desa ini, utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan air, kegiatan pertanian maupun perikanan. Hal yang menarik adalah DAM Desa Turan Amis ini telah ditata dengan baik sehingga mampu menjadi daya tarik untuk bisa dijadikan sebagai objek wisata," kata Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas usai peresmian objek wisata DAM Turan Amis, Kamis.

Ampera sangat mengapresiasi pengelolaan potensi berupa objek wisata DAM Turan Amis sebagai salah satu wujud nyata kegiatan desa untuk menuju kemandirian desa.

Menurutnya, terobosan yang sudah dilakukan perangkat Desa Turan Amis sebagai salah satu bentuk perwujudan program pemerintah untuk mewujudkan kemandiran desa melalui pengembangan objek wisata desa.

Pemerintah kabupaten memberikan apresiasi atas inisiatif Pemerintah Desa Turan Amis dengan dukungan beberapa pihak telah menjadikan DAM Desa Turan Amis ini menjadi salah satu objek wisata. Ampera berharap potensi desa ini dikelola dengan baik sehingga bisa berlanjut ke depannya. 

"Saya mengajak kepada kita semua untuk membangun Barito Timur sesuai dengan tugas dan tanggung jawab kita masing-masing. Pemerintah Kabupaten Barito Timur tidak akan bisa melaksanakan pembangunan secara maksimal jika tidak didukung semua pihak," katanya.

Wakil Ketua I DPRD Barito Timur Ariantho S Muler sangat mengapresiasi capaian kinerja aparatur Desa Turan Amis dan jajaran serta BUMDes Karya Bersama yang secara kompak dan sinergis untuk bangkit menjadi desa mandiri.

"Ini merupakan wujud dari keinginan bersama masyarakat desa untuk mewujudkan kemandirian desa. Desa yang mandiri tentu akan bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," kata Ariantho.

Ketua BUMDes Karya Bersama Desa Turan Amis Leonardus mengatakan, pembangunan dan pengelolaan objek wisata DAM Turan Amis merupakan ide dari Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas.

"Saat ini sudah ada pemasukan bagi BUMDes Karya Bersama. Selain objek wisata, ada beberapa usaha lain yang dikembangkan BUMDes untuk bisa menjadi pendapatan atau keuntungan usaha bagi BUMDes Karya Bersama," katanya.

Baca juga: Pemkab Bartim dukung program pengembangan SDM pemerintahan Jokowi-Ma'ruf
Baca juga: BPTP dan Distan gugah pemuda Bartim jadi petani jagung

Leonardus beserta seluruh lapisan masyarakat berterima kasih kepada Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas dan jajaran yang telah memberikan ide kreatif sehingga Pemerinta Desa Turan Amis bersama masyarakat bisa berinovasi untuk membangun desa.

"Tercapainya objek wisata DAM Turan Amis juga berkat dukungan tokoh agama, tokoh adat dan seluruh elemen masyarakat Desa Turan Amis," demikian Leonardus.