Pemkab Gumas lanjutkan pembangunan infrastruktur secara multiyears

id Pemkab Gumas , pembangunan infrastruktur,Pemkab Gumas lanjutkan pembangunan infrastruktur secara multiyears

Pemkab Gumas lanjutkan pembangunan infrastruktur secara multiyears

Bupati Gumas Jaya S Monong (kiri) menyampaikan jawaban terhadap pandangan umum fraksi pendukung DPRD Kabupaten Gumas, saat rapat paripurna di ruang rapat paripurna DPRD setempat, Senin (11/11/2019). (ANTARA/HO-Diskominfo dan SP Kabupaten Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong mengatakan pemerintah kabupaten itu pada tahun anggaran 2020 tetap fokus melanjutkan pembangunan infrastruktur, jalan dan jembatan.

“Pemkab tetap fokus melanjutkan pembangunan infrastruktur, dengan menganggarkan untuk beberapa ruas jalan prioritas yang dilaksanakan secara multiyears mulai tahun 2020 hingga 2024,” ucapnya saat rapat paripurna di Kuala Kurun, Senin.

Dia mengatakan ruas jalan yang akan dilaksanakan secara multiyears diantaranya adalah peningkatan ruas jalan penghubung antara Desa Parempei, Kecamatan Rungan Barat menuju Harang Karamat, Desa Bereng Jun, Kecamatan Manuhing.

Baca juga: Pemkab Gumas siapkan pemanfaatan bonus demografi

Selanjutnya adalah peningkatan ruas jalan penghubung Kelurahan Tumbang Miri menuju Desa Batu Tangkoi, Kecamatan Kahayan Hulu Utara (Kahut) dan menuju Kelurahan Tumbang Marikoi, Kecamatan Damang Batu.

“Kemudian peningkatan ruas jalan penghubung Kelurahan Tumbang Miri menuju Desa Tumbang Sian, Kecamatan Kahut dan menuju Kelurahan Tumbang Napoi, Kecamatan Miri Manasa,” beber orang nomor satu di Kabupaten Gumas itu.

Lalu peningkatan ruas jalan penghubung Desa Dandang menuju Desa Tumbang Tanjungan dan menuju Desa Tumbang Ponyoi di Kecamatan Kahut. Ada juga pembangunan pile slab menuju oprit jembatan Sei Kahayan di Desa Sepang Kota, Kecamatan Sepang.

Dikatakan, pembangunan infrastruktur wilayah berupa sarana dan prasarana bertujuan untuk mendukung kepentingan publik dan pengembangan kegiatan sosial, ekonomi dan budaya masyarakat yang optimal serta berkelanjutan.

Baca juga: Bupati ingin DAD Gumas berperan menjaga kemajemukan

Sebelumnya, juru bicara Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Gumas Neni Yuliani mengatakan pihaknya menginginkan pemerintah kabupaten itu meningkatkan dan mempercepat pembangunan infrastruktur wilayah secara adil dan profesional.

Dalam pembangunan infrastruktur hendaknya terukur target dan capaian yang riil, serta benar-benar memperhatikan kebutuhan prioritas serta mempunyai mutu yang berkualitas berazaskan manfaat bagi kepentingan masyarakat banyak.

Juru bicara Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Gumas Yuniwa menyampaikan pihaknya berharap tahun anggaran 2020 tetap fokus untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur, jembatan, jalan dan pemeliharaan jalan lintas kecamatan.

“Terutama jalan menuju ibu kota kecamatan pemekaran perlu ditingkatkan kualitas jalannya,” kata legislator yang berasal dari daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya dan Kurun itu.

Baca juga: Pemkab Gumas lakukan perampingan dan penggabungan OPD

Baca juga: Fraksi PDIP Gumas sarankan pemkab hati-hati tempatkan pengelola perusda

Baca juga: Jumlah perangkat daerah lingkup Pemkab Gumas yang diusulkan berkurang