BKKBN lakukan "jemput bola" pelayanan kontrasepsi jangka panjang

id bkkbn kalteng, mkjp,mhd irzal

BKKBN lakukan "jemput bola" pelayanan kontrasepsi jangka panjang

Petugas BKKBN Kalteng (kiri) memberikan pelayanan kepada warga di Palangka Raya (ANTARA/HO)

Ini kami lakukan juga agar program pelayanan KB kepada masyarakat dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat bukan hanya yang di pinggiran saja tapi di tengah kota dengan manfaatkan momen 'car free day
Palangka Raya (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kantor Perwakilan Kalimantan Tengah melakukan upaya "jemput bola" dalam memberikan pelayanan kontrasepsi jangka panjang.

"BKKBN Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah terus memberikan pelayanan KB yang salah satunya MKJP yaitu Media Kontrasepsi Jangka Panjang yang kami lakukan secara 'jemput bola' di acara 'car free day'," kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah Mhd Irzal di Palangka Raya, Minggu.

Upaya tersebut dilakukan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional di provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila" itu dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat terkait dengan perencanaan masa depan keluarga.

"Ini kami lakukan juga agar program pelayanan KB kepada masyarakat dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat bukan hanya yang di pinggiran saja tapi di tengah kota dengan manfaatkan momen 'car free day'," kata Irzal.

Pada kegiatan tersebut, pihaknya melakukan pelayanan KB secara gratis, di antaranya suntik, pil, bongkar pasang implant, IUD, dan konsultasi.

Baca juga: BKKBN Kalteng bentuk tim kerja advokasi program KKBPK

Pada 2020, salah satu program prioritas BKKBN Kalteng ialah upaya penanggulangan kekerdilan.

Bahkan, dalam penanganan masalah tersebut, pihaknya juga akan berkolaborasi dengan pemerintah provinsi dan jajaran pemerintah kabupaten dan kota di daerah itu

Di antara upaya penanganan kekerdilan itu, seperti program ketahanan keluarga termasuk program bina keluarga balita.

Selain itu, pihaknya akan semakin meningkatkan kolaborasi dengan berbagai mitra terkait lainnya dalam pelaksanaan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) menuju sumber daya manusia unggul dan Indonesia maju.

Baca juga: Komitmen wujudkan zona wilayah bebas korupsi, Kepala BKKBN Kalteng cap jempol darah

Baca juga: BKKBN dan Pemprov tingkatkan kolaborasi guna tangani kekerdilan