PPK berperan penting sukseskan pilkada, kata Wakil Ketua DPRD Barsel

id Dprd barsel, barito selatan, barsel, buntok, legislatif, legislator ppk, pemilu, pilkada kalteng

PPK berperan penting sukseskan pilkada, kata Wakil Ketua DPRD Barsel

Wakil Ketua DPRD Barito Selatan, Yusuf Kalem dan Wakil Bupati Barito Selatan, Satya Titiek Atyani Djoedir bersama anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Buntok, Sabtu, (29/2/2020). (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah Yusuf Kalem mengatakan, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) merupakan ujung tombak suksesnya pemilihan gubernur dan wakil gubernur pada 2020 mendatang.

"Sukses atau tidaknya pesta demokrasi tak hanya dari KPU, akan tetapi tergantung dari peran PPK," katanya usai pelantikan PPK enam kecamatan di Buntok, Sabtu.

Telah dilantiknya anggota PPK se-Barsel, maka dirinya berharap agar petugas benar-benar bekerja secara demokratis. Hal itu bertujuan untuk menghasilkan pemimpin yang sesuai keinginan masyarakat.

Menurut Politisi Partai Golkar Barsel itu, keberadaan PPK sangat penting dan strategis, sebab sebagai ujung tombak dalam menyukseskan Pilkada Kalteng yang bersih, jujur, adil dan demokratis.

Untuk itu, anggota PPK harus bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai penyelenggara dan tidak berpihak kepada salah satu calon pada saat pelaksanaan pilkada nantinya.

"Itu semua harus dilakukan agar benar-benar menghasilkan pemimpin yang berkualitas sesuai dengan pilihan masyarakat," katanya menjelaskan.

Sementara itu, Wakil Bupati Barsel Satya Titiek Atyani Djoedir mengatakan, pemkab mendukung KPU sepenuhnya untuk menyukseskan Pilkada Kalteng pada 2020 ini.

"Sebagai salah satu bukti dukungan kami untuk menyukseskan pilkada, yakni dengan mengizinkan aparatur sipil negara (ASN) menjadi anggota PPK, PPS dan KPPS," kata Titiek.

Untuk kelancaran pelaksanaan tugas PPK, pemkab akan menugaskan ASN yang memenuhi syarat sebagai tenaga pendukung pada Sekretariat PPK di setiap kecamatan.

Pihaknya juga meminta para camat memberikan bantuan secara maksimal kepada PPK, baik fasilitas sekretariat maupun fasilitas lainnya.

Pihaknya juga telah membentuk desk pilkada yang melibatkan lintas sektor dan hal ini diharapkan, memberikan dampak positif agar pelaksanaannya berjalan dengan aman, lancar dan sukses.