Kampung Tertib Lalu Lintas harapan baru tingkatkan kepatuhan pengendara di Sukamara

id Pemkab sukamara, sukamara, bupati sukamara, windu subagio, kampung tertib lalu lintas, berkendara

Kampung Tertib Lalu Lintas harapan baru tingkatkan kepatuhan pengendara di Sukamara

Bupati Sukamara Windu Subagio (kanan) bersama Kapolres Sukamara AKBP I Gede Putu Dedy Ujiana (tengah) meresmikan Kampung Tertib Lalu Lintas, Jumat,(13/3/2020). (ANTARA/Donefrid Lalang)

Sukamara (ANTARA) - Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah Windu Subagio mengapresiasi kegiatan Polres setempat yang memprakarsai pembentukan Kampung Tertib Lalu Lintas di Kelurahan Mendawai RT 10 RW III Jalan Meranti.

"Pencanangan yang dilakukan secara sederhana dan melibatkan tokoh masyarakat, mudah-mudahan dari hal kecil seperti ini bisa berimbas dan berdampak ke masyarakat luas dalam pemahaman tertib berlalu lintas,” katanya di Sukamara, Jumat.

Hal tersebut demi keamanan dan kemanusiaan, serta keselamatan diri sendiri, keluaraga maupun orang lain. Pencanangan Kampung Tertib Lalu lintas yang dilakukan itu bisa menjadi contoh, sekaligus ditularkan ke RT-RT lainnya.

Tidak menutup kemungkinan dilakukan pada RT lainnya. Meski tidak harus dilakukan acara seperti itu, namun perilaku mereka bisa ditunjukkan dengan mengikuti pelopornya ini, sehingga menjadi harapan semua pihak dalam tertib berlalu lintas.

Dalam hal ini, Pemkab Sukamara sangat mendukung setiap program yang berhubungan langsung dengan keselamatan masyarakat luas, salah satunya menugaskan Dinas Perhubungan untuk menambah rambu-rambu lalu lintas di jalan, sehingga masyarakat lebih paham.

“Terpenting, masyarakat dapat memahami terlebih dulu, selanjutnya bisa mengerti tujuan dari rambu-rambu. Barulah kemudian masyarakat bisa mengamalkan tertib dalam berlalu lintas demi keselamatannya sendiri dan juga keluarga,” harap Windu.

Berdasarkan data yang dirinya lihat, angka kecelakaan di Indonesia pada 2019 sangat tinggi, bahkan mencapai angka 129 ribu kasus dengan korban jiwa sebanyak 23 ribu orang.

Kondisi itu menjadi perhatian bersama dan diharapankan angka kecelakaan tersebut dapat terus berkurang setiap tahunnya. Pemkab akan selalu mendukung dan berharap masyarakat mengerti dan mengamalkannya, untuk menjaga keselamatan dalam berkendara.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar