Legislator ini siapkan talangan dana untuk Pemkab tangani Covid-19

id DPRD Kapuas,Kuala Kapuas,Virus Corona,Penanggulangan Corona,Covid-19

Legislator ini siapkan talangan dana untuk Pemkab tangani Covid-19

Anggota DPRD Kapuas Kunanto. ANTARA/ All Ikhwan

Apabila Pemkab kesulitan mengenai anggaran, kami siap membantu mencarikan dana talangan
Kuala Kapuas (ANTARA) - “Kalau memang seperti kata Bupati Kapuas pihaknya kesulitan anggaran, saya siap membantu mencarikan dana talangan untuk penanggulangan wabah Virus Corona itu. Khususnya dalam penyediaan alat pelindung diri (APD)," ucap Kunanto, di Kuala Kapuas, Senin.

Legislator dari Partai Nasdem itu menyatakan hal tersebut setelah dirinya mengikuti dan mendengarkan langsung rapat penting pemerintah daerah terkait penanganan dan pencegahan Covid-19 di daerah setempat, di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Kapuas, Senin sore.

Menurutnya melalui rapat tersebut, pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas mengakui bahwa tenaga medis dokter dan perawatnya masih belum memiliki APD dan peralatan kesehatan lainnya dalam penanganan pasien Covid-19.

Baca juga: DPRD dukung pengetatan pengawasan perbatasan Kalteng-Kalsel

Baca juga: DPRD Kapuas dorong pemkab aktif cegah Covid-19


"Kalau tidak salah dana yang dibutuhkan untuk membeli peralatan dan kelengkapan APD untuk dokter dan perawat dalam menangani pasien Covid-19 itu diperkirakan mencapai Rp4 miliar lebih. Apabila Pemkab kesulitan mengenai anggaran, kami siap membantu mencarikan dana talangan," ujar Kunanto.

Ia menjelaskan, selama semua itu untuk kepentingan masyarakat banyak, dirinya dan kawan-kawan pasti akan berupaya semaksimal mungkin mencarikan jalan keluar terbaik. Apalagi saat ini Indonesia sedang menghadapi masalah luar biasa besar.

Ia mengatakan, bahwa niat baik tersebut adalah karena ingin Kabupaten Kapuas dapat melakukan pencegahan meluasnya Virus Corona tersebut. Kepentingan dalam menangani penyebaran dan penanggulangan virus tersebut memerlukan sinergitas bersama, termasuk bagaimana memikirkan ketersediaan anggaran.

"Kami mengapresiasi tindakan cepat Pemkab Kapuas dalam penanganan Covid-19 itu, sehingga ketika ada sesuatu hal yang harus dapat diselesaikan mari kita pikirkan bersama jalan keluarnya. Terkait dengan usulan dana talangan, saya berharap jangan dianggap yang macam-macam, karena ini semua untuk kepentingan masyarakat luas," kata Anggota Komisi IV DPRD Kapuas itu,

Baca juga: Komisi IV DPRD sidak ke RSUD Kapuas terkait kesiapan penanganan corona

Baca juga: DPRD apresiasi Pemkab Kapuas tanggap pencegahan Covid-19

Pewarta :
Editor : Rachmat Hidayat
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar