Palangka Raya diminta gencarkan sosialisasi layanan pasar 'online'

id sigit k yunianto,palangka raya,covid-19,pasar daring,Palangka Raya diminta gencarkan sosialisasi layanan pasar 'online'

Palangka Raya diminta gencarkan sosialisasi layanan pasar 'online'

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto meminta pemerintah kota setempat menggencarkan sosialisasi layanan pasar daring sebagai upaya penanggulangan pandemi COVID-19.

"Layanan berbelanja secara daring yang dilaksanakan di pasar tradisional maupun pasar Ramadhan harus terus digencarkan sehingga masyarakat semakin mengetahui adanya layanan tersebut," katanya di Palangka Raya, Kamis.

Menurut politisi PDI Perjuangan itu setidaknya sosialisasi tersebut dapat difokuskan pada jenis-jenis produk atau dagangan yang disediakan, waktu pemesanan, cara dan nomor pemesanan hingga teknis pembayaran.

Baca juga: Tiga gadis live buka bra ditangani di Palangka Raya, juga ditemukan foto bugil

"Yang tidak kalah penting yakni bahwa produk yang dijual pedagang harus terjamin baik dari kualitas, bahan baku, bersih dan sehat serta terbebas dari penggunaan bahan yang dapat membahayakan kesehatan. Jaminan ini harus diberikan oleh pedagang juga harus diberikan oleh pemerintah selaku regulator," katanya.

Untuk itu, Ketua Asosiasi Dewan Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI) itu meminta pemerintah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah bekerja sama dengan pihak terkait melakukan pengawasan secara berkala terhadap produk yang disediakan di layanan pasar daring itu.

"Sebetulnya layanan ini juga menjadi salah satu terobosan pemerintah. Memanfaatkan perkembangan zaman dalam pelayanan sekaligus sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19," kata SIgit.

Baca juga: Palangka Raya berlakukan 'Pasar Wadai Online' selama Ramadhan

Saat ini, Pemkot Palangka Raya melalui Tim Gugus Tugas COVID-19 juga terus melakukan berbagai upaya penanggulangan penyebaran virus itu.

Sosialisasi penanggulangan COVID-19, pemeriksaan penumpang dan kendaraan yang melintasi perbatasan wilayah Palangka Raya juga terus dilakukan

Pemerintah setempat juga mewajibkan setiap warga yang beraktivitas di luar rumah menggunakan masker. Jika ditemukan warga membandel, petugas akan mempersilahkan warga tersebut kembali ke rumah untuk mengambil masker.

Selalu mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer usai beraktivitas dan selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), memeriksakan diri ke pusat layanan kesehatan jika mengalami gejala awal COVID-19 dan selalu makan makanan sehat dan bergizi guna menjaga imunitas tubuh.

Jika terdapat tanda-tanda orang dengan gejala COVID-19 di lingkungan sekitar tempat tinggal/tempat kerja masing-masing, segera melaporkan atau berkoordinasi melalui call center 082157336165, 08125086776, 082357720665 dan 0811523004.

Baca juga: Pemkab gelar pasar murah di Kelurahan Jingah

Baca juga: Pemkab berlakukan 'Pasar Wadai' online di Muara Teweh

Baca juga: Pemkot sediakan layanan Pasar Ramadhan melalui online