BKKBN diminta lebih perhatikan petugas lapangan saat pandemi

id mhd irzal, sabran achmad, bkkbn kalteng, pkbi kalteng,BKKBN perhatikan petugas lapangan

BKKBN diminta lebih perhatikan petugas lapangan saat pandemi

Kepala BKKBN Kalteng, Mhd Irzal (dua kanan) bersama salah satu pendiri PKBI Kalteng yang juga tokoh Adat Dayak Kalteng, Sabran Achmad (tiga kanan) di Palangka Raya, Senin (27/4/2020) (Antara/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Badan kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Tengah diminta semakin memperhatikan petugas lapangan yang bertugas di tengah pandemi COVID-19.

"Kami minta agar petugas lapangan ini semakin diperhatikan. Pastikan keamanan dan kesejahteraannya agar selalu bersemangat menjalankan tugas di tengah mewabahnya virus Corona," kata salah satu pendiri Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kalteng, Sabran Achmad di Palangka Raya, Senin.

Menurut pria yang juga salah satu tokoh adat di Kalteng ini, petugas lapangan menjadi garda terdepan yang mampu menyukseskan program keluarga berencana.

Baca juga: BKKBN Kalteng serahkan ribuan APD untuk bidan

Petugas lapangan juga memikul tanggung jawab yang cukup berat karena harus bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam rangka mewujudkan keluarga berencana, keluarga berkualitas dan sejahtera.

Untuk itu, di tengah pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai petugas lapangan juga memiliki risiko tersendiri sehingga harus diberikan perhatian dan perlindungan lebih.

"Secara umum saya juga berpesan agar BKKBN dan jajarannya fokus menyukseskan program nasional dalam mewujudkan keluarga berencana, berkualitas dan sejahtera. Untuk mewujudkan itu semua harus berfikir luas dan memiliki pandangan maju ke depan," kata Sabran Achmad.

Baca juga: Pegawai BKKBN Kalteng cap jempol darah wujudkan zona bebas korupsi

Pernyataan itu diungkapkan tokoh Dayak di Kalteng itu disela kunjungan Kepala Perwakilan BKKBN Kalteng, Mhd Irzal bersama sejumlah jajarannya.

Dalam kesempatan itu, Irzal mengatakan semangat dan motivasi dari pendiri PKBI Kalteng akan lebih memacu semangat BKKBN Kalteng menyukseskan program kependudukan dan keluarga berencana.

"Tentu apa yang disampaikan bapak Sabran Achmad akan lebih memacu semangat kami menjalankan program nasional dan daerah dalam rangka mewujudkan keluarga berencana, berkualitas dan sejahtera," kata Irzal.

Baca juga: BKKBN lakukan "jemput bola" pelayanan kontrasepsi jangka panjang

Di sisi lain, dalam rangka memberikan perlindungan kepada petugas di lapangan, Irzal menerangkan pihaknya telah menjalankan sejumlah strategi yang salah satunya bekerja sama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kalteng.

"Bekerja sama dengan IBI Kalteng, beberapa waktu lalu kami telah menyalurkan sejumlah Alat Pelindung Diri berupa masker dan sarung tangan yang akan digunakan para bidan saat memberikan pelayanan terhadap masyarakat," kata Irzal.

Dia juga mengingatkan seluruh jajarannya selalu menerapkan standar operasional protokol keamanan COVID-19 setiap memberikan layanan kepada masyarakat.

Baca juga: Komitmen wujudkan zona wilayah bebas korupsi, Kepala BKKBN Kalteng cap jempol darah

Baca juga: BKKBN Kalteng dan Korem 102 kolaborasi perkuat ketahanan keluarga

Baca juga: BKKBN dan Pemprov tingkatkan kolaborasi guna tangani kekerdilan