Ketua DPRD berharap penyaluran bansos tunai tepat sasaran

id Ketua DPRD berharap pemberian bansos tunai tepat sasaran,Sigit,Palangka Raya,Bansos

Ketua DPRD berharap penyaluran bansos tunai tepat sasaran

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto saat berada di kantor DPRD setempat beberapa waktu lalu. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto berharap penerima manfaat bantuan sosial tunai tahap I yang bersumber dari Kementerian Sosial RI di daerah itu tepat sasaran.

"Bantuan penerima manfaat sosial tunai tahap satu dalam waktu dekat ini akan segera terealisasi, untuk itu kami harapkan data-data yang sudah ada di Dinas Sosial Kota Palangka Raya yang diajukan ke Kemensos RI tepat sasaran," kata Sigit di Palangka Raya, Selasa.

Orang nomor satu di lembaga DPRD Kota Palangka Raya itu menegaskan, untuk sistem penyaluran bantuan tersebut dilakukan dengan sistem rekening atau via Kantor Pos. Maka dari itu kami harap masyarakat di daerah itu untuk dapat bersabar menanti bantuan tunai tahap pertama itu.

Hal ini juga sudah disampaikan langsung oleh Menteri Sosial, Jaluari Batubara melalui komunikasi beberapa waktu lalu di Jakarta. Dengan adanya bantuan itu nantinya bisa membantu masyarakat yang terkena dampak dari pandemi COVID-19.

"Pada wilayah Kalteng sendiri Mensos RI mengatakan ada sekitar 75 ribu kepala eluarga yang akan mendapatkan bantuan. Bantuan ini akan disalurkan pada bulan April, Mei dan Juni," ucapnya.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan Provinsi Kalimantan Tengah itu menambahkan, mereka yang menerima bantuan dari pemerintah pusat itu tidak lain benar-benar warga kita yang tidak mampu serta perekonomiannya sangat kecil apalagi setelah terdampak wabah Corona yang kini sudah mendunia.

"Dinsos Kota Palangka Raya sebelumnya telah melakukan pendataan seperti masyarakat yang hilang pekerjaannya, penghasilan, serta usahanya. Jadi kami harapkan nantinya bansos ini benar-benar akurat dan tepat sasaran bagi calon penerima," bebernya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA, jumlah masyarakat Kota Palangka Raya yang menerima bansos tunai tahap pertama itu sekitar 5.095 kepala keluarga.

Untuk pencairan melalui dua bank yang ada di Palangka Raya totalnya 952 kepala keluarga, sedangkan penyaluran melalui Kantor Pos berjumlah 4.143 kepala keluarga.

Mengenai kapan pencairannya sampai saat ini belum diketahui oleh masyarakat, bahkan masyarakat juga banyak yang belum mengetahui mengenai hal tersebut. Hanya saja beberapa waktu lalu para Ketua Rukun Tetangga (RT) di setiap kelurahan di daerah setempat ada melakukan pendataan untuk penerima bantuan.

Hanya saja masyarakat tidak mengetahui bantuan apa yang nantinya akan di dapatkan dari pemerintah, apakah bantuan tunai atau berbentuk beras dan lain sebagainya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya pantau permukiman warga terdampak banjir

Baca juga: Masyarakat pinggiran Palangka Raya masih dambakan pemerataan pembangunan

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar