Dukung ketahanan pangan, IMK bina 2500 masyarakat bercocok tanam

id PT Indo Muro,Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah,PT IMK,Kalteng,ketahanan pangan,pangan,Sr Manager CSR dan Security PT IMK,Yustinus Widodo

Dukung ketahanan pangan, IMK bina 2500 masyarakat bercocok tanam

Perwakilan Manajemen PT IMK foto bersama dengan insan Pers, organisasi kemasyarakat dan tokoh adat usai melakukan pertemuan di Palangka Raya, Jumat (3/7/2020). ANTARA/HO

Palangka Raya (ANTARA) - PT Indo Muro Kencana berencana melaksanakan program Ketahanan Pangan Keluarga di sejumlah desa, di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, sebagai bentuk dukungan dan partisipasi terhadap upaya pemerintah mewujudkan ketahanan pangan di tengah Pandemi COVID-19.

Program itu penyediaan bantuan sarana dan prasarana bercocok tanam pangan sekaligus pendampingan serta pembinaan kepada 2.500 lebih masyarakat, kata Sr Manager CSR dan Security PT IMK Yustinus Widodo usai silaturahmi dengan insan pers dan organisasi kemasyarakatan serta tokoh adat yang ada di Palangka Raya, Jumat.

"Kami yang menyediakan dan memberikan polibag, bibit, pupuk kepada masyarakat. Setelah itu, kami bina dan dampingi mereka agar tanaman jenis pangan yang ditanami itu bisa berhasil dan berkesinambungan," beber dia.

Dikatakan, sejak adanya pandemi COVID-19, PT IMK telah melaksanakan banyak program Corporate Social Responsibility (CSR). Hanya, program tersebut lebih difokuskan pada membantu pemerintah dalam mencegah dan menanggulangi penyebaran COVID-19.

Yustinus mengatakan selain pencegahan dan penanggulangan, ketahanan pangan sebenarnya tak kalah penting di tengah pandemi COVID-19. Untuk itulah, PT IMK menyusun dan segera melaksanakan program Ketahanan Pangan yang dimulai dari keluarga dengan memanfaatkan pekarangan maupun lahan milik masyarakat tersebut.

"Sekaligus bentuk aksi nyata perusahaan mendukung dan membantu program pemerintah dalam mewujudkan program ketahanan pangan di tengah pandemi COVID-19," ucapnya.

Baca juga: Jamkrida-PT IMK bekerja sama TNI AD, salurkan bantuan beras di Kalteng

Silaturahmi dengan insan pers dan organisasi kemasyarakatan serta tokoh adat yang ada di Palangka Raya itu diikuti media cetak dan daring, Fordayak Kalteng, Batamad Kalteng, tokoh adat dan tokoh masyarakat, serta berbagai pihak lainnya.
Ketua Fordayak Kalteng Bambang Irawan. ANTARA/Jaya W Manurung

Ketua Umum Fordayak Kalteng Bambang Irawan menyambut baik adanya rencana PT IMK melaksanakan Program Ketahanan Pangan Keluarga kepada masyarakat di sekitar lokasi perusahaan. Sebab, menurut dia, keberadaan perusahaan memang sudah selayaknya untuk membantu berkembangnya perekonomian masyarakat, terutama di sekitar lokasi perusahaan tersebut.

Dirinya pun berharap agar apa yang telah direncanakan dan bakal dilaksanakan PT IMK tersebut juga dapat diikuti perusahaan lain yang ada di Kalteng. Apalagi dengan kondisi sekarang ini, masyarakat banyak yang mengalami kesusahan akibat pandemi COVID-19.

Pihak pihak perusahaan, termasuk PT IMK harapannya juga dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan masyarakat, terkhusus pemuda dalam melaksanakan program-program CSR. Langkah itu, selain meningkatkan hubungan dengan masyarakat, juga ada proses pembinaan dalam pelibatan tersebut.

"Kami dari Fordayak, baik tingkat provinsi hingga kabupaten/kota se-Kalteng, siap terlibat dan dilibatkan bahkan berkolaborasi dengan IMK, termasuk perusahaan lain yang ada di provinsi ini," demikian Bambang.

Baca juga: Cegah COVID-19, PT IMK terapkan prosedur kesehatan terhadap karyawan

Di tempat yang sama, Perwakilan CSR PT IMK Eko mengatakan bahwa silaturahmi ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan hubungan serta komunikasi dengan insan pers, organisasi kemasyarakatan, para tokoh adat, tokoh masyarakat, serta berbagai pihak lainnya.

Dia mengatakan sudah banyak hal yang telah, sedang dan akan dilakukan PT IMK dalam berkontribusi terhadap perekonomian masyarakat serta kemajuan pembangunan di Kalteng. Meski begitu, PT IMK tidak bisa sendiri dan perlu mendapat dukungan, saran maupun masukan dari berbagai pihak agar semakin optimal.

"Melalui pertemuan ini kami ingin mendengarkan tanggapan, sekaligus mengharapkan saran dan masukan agar apa yang nantinya dilakukan PT IMK menjadi lebih baik lagi kedepannya," demikian Eko.

Baca juga: IMK gandeng BLK Palangka Raya gelar pelatihan mekanik sepeda motor

Baca juga: PT IMK kirim belasan orang ikuti pelatihan di BLK Palangka Raya

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar