KPU Kalteng ajak warga awasi setiap tahapan dan proses Pemilu

id KPU Kalteng,pemilu,pilkada 2020,KPU Kalteng ajak warga awasi setiap tahapan dan proses Pemilu

KPU Kalteng ajak warga awasi setiap tahapan dan proses Pemilu

Ketua KPU Kalteng, Harmain Ibrohim (kiri) bersama Komisioner KPU Kalteng, Eko Wahyu Sulistyobudi di Palangka Raya (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah mengajak warga di provinsi setempat aktif menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Kalimantan Tengah dan Kabupaten Kotawaringin Timur 2020.

Komisioner KPU Kalteng, Eko Wahyu Sulistyobudi di Palangka Raya, Senin mengatakan salah satu bentuk partisipasi dalam menyukseskan pilkada dengan memastikan telah masuk dalam daftar pemilih tetap kemudian menggunakan hak pilih untuk memilih pasangan calon sesuai hati nurani.

"Kemudian juga turut mengawasi setiap tahapan dan proses Pemilu termasuk mengenali seluk-beluk figur yang akan dipilih memimpin Provinsi Kalimantan Tengah dan Kabupaten Kotawaringin Timur," kata anggota KPU Kalteng Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat itu.

Semakin banyak yang berpartisipasi dalam mengawasi pihak penyelenggara maupun parpol dan calon gubernur dan wakil gubernur Kalteng, makin kecil pula kemungkinan terjadinya pelanggaran atau kecurangan pilkada.

Baca juga: Kampanye umum harus dapat rekomendasi dari Gugus Tugas

Pengawasan yang ketat juga bisa melahirkan demokrasi yang berkualitas yang menjadi harapan seluruh elemen bangsa. Sehingga masyarakat jangan sampai terpengaruh dengan adanya politik uang yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Sementara itu, dalam rangka memaksimalkan partisipasi masyarakat Pilkada 2020 yang dilaksanakan saat pandemi COVID-19, KPU Kalteng melibatkan Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (KPPD) untuk menyosialisasikan setiap tahapan.

Nantinya KPPD nantinya akan menyosialisasikan pelaksanaan Pilkada kepada masyarakat dengan sasaran sejumlah segmen pemilih yang telah ditetapkan sebelumnya.

Baca juga: KPU Gumas tambah jumlah TPS pada Pilkada Kalteng 2020

Diantara keterlibatan komunitas yang beranggotakan berbagai elemen masyarakat itu seperti sosialisasi daftar pemilih, peserta Pilkada Kalteng 2020 dan pentingnya partisipasi pemilih dalam Pilkada.

"Melalui keterlibatan KPPD ini, kami juga berharap nantinya masyarakat dapat semakin memahami pentingnya menggunakan hak pilih dalam Pilkada 2020. Pemimpin terpilih merupakan cerminan pilihan masyarakat," kata Eko.

Apalagi saat pandemi COVID-19 ini KPU juga memerlukan strategi khusus agar target sosialisasi tercapai dan partisipasi masyarakat pada Pilkada meningkat.

Baca juga: Tahapan Pilgub Kalteng mulai disosialisasikan di Barsel

Baca juga: KPU Kalteng libatkan KPPD sosialisasikan tahapan Pilkada

Baca juga: Pelantikan PPS jadi tahapan awal Pilkada 2020 di Kalteng