Paskibraka Kotim jalani tes cepat, ini hasilnya

id Paskibraka Kotim jalani tes cepat, ini hasilnya, Sampit, Kotim, paskibraka,paskibraka Kotim, Kotawaringin Timur

Paskibraka Kotim jalani tes cepat, ini hasilnya

Suasana seleksi calon anggota Paskibraka Kotawaringin Timur oleh Dinas Pemuda dan Olahraga, belum lama ini. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah menjalani tes cepat untuk memastikan mereka tidak terjangkit COVID-19 sehingga aman saat menjalankan tugas mengibarkan bendera pada 17 Agustus nanti.

"Jumlah yang spesimen yang keluar adalah 82 buah yang dilakukan rapid test (tes cepat). Beberapa sempat dilakukan pengujian lebih lanjut dengan metode ECLIA di Unit Transfusi Darah PMI Kotawaringin Timur. Alhamdulillah hasilnya aman dan bisa bergabung dalam Paskibraka," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kotawaringin Timur, Multazam di Sampit, Sabtu.

Tes cepat dilakukan terhadap anggota Paskibraka yang akan mengibarkan bendera pada acara peringatan detik-detik proklamasi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus nanti. Ini merupakan upaya pencegahan yang dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan mereka.

Pelaksanaan upacara peringatan Hari Kemerdekaan pada tahun ini dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19 yang masih terjadi. Untuk itu protokol kesehatan wajib dijalankan secara ketat untuk mencegah penularan virus mematikan tersebut.

Persiapan pun harus dilaksanakan dengan ekstra meski jumlah peserta yang hadir dipastikan akan dibatasi. Penerapan protokol kesehatan untuk mencegah kemungkinan terjadinya penularan COVID-19.

Baca juga: Keluhan pedagang jadi perhatian DPRD Kotim

Dipastikan akan ada persiapan khusus seperti sterilisasi tempat, pengaturan jarak dan lainnya di Stadion 29 November Sampit yang akan menjadi lokasi pelaksanaan upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Paskibraka sebagai salah satu bagian penting dalam kegiatan tersebut, juga menjadi perhatian serius. Untuk itulah dilakukan tes cepat sebagai skrining awal terhadap potensi penularan COVID-19.

"Intinya kegiatan rapid test difungsikan untuk anggota Paskibraka dalam rangka kita untuk melihat atau pemetaan penyebaran COVID-19 di generasi muda," ujar Multazam yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kotawaringin Timur.

Multazam mengaku bersyukur karena hasil tes cepat dan pemeriksaan ECLIA menunjukkan seluruh anggota Paskibraka Kotawaringin Timur bebas dari COVID-19. Meski begitu, penerapan protokol kesehatan tetap dilakukan secara ketat, termasuk saat pelaksanaan pengibaran bendera nanti.

Baca juga: DPRD Kotim dorong pengawasan kegiatan kepelabuhanan ditingkatkan

Baca juga: Legislator minta penerangan di Stadion 29 November Sampit ditambah