Diskominfo PS wakili Gumas pada Lomba Inovasi Perangkat Daerah Nasional

id diskominfo gumas,Diskominfo PS,Diskominfo PS wakili Gumas pada Lomba Inovasi Perangkat Daerah Nasional ,Lomba Inovasi Perangkat Daerah Nasional ,gunun

Diskominfo PS wakili Gumas pada Lomba Inovasi Perangkat Daerah Nasional

Wabup Gumas Efrensia L.P. Umbing (batik merah marun) menyerahkan piagam penghargaan pemenang Lomba Inovasi Perangkat Daerah tingkat kabupaten kepada Sekretaris Diskominfo PS Gumas Turina Baboe, di Kuala Kurun, Kamis (17/9/2020). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah akan mewakili kabupaten itu pada ajang Lomba Inovasi Perangkat Daerah tingkat nasional.

Wakil Bupati Gumas Efrensia L.P. Umbing di Kuala Kurun, Kamis mengatakan Diskominfo SP menjadi pemenang I Lomba Inovasi Perangkat Daerah tingkat kabupaten, sehingga akan menjadi wakil kabupaten itu di tingkat nasional.

“Harapan saya Diskominfo PS Gumas bisa jadi juara di tingkat nasional. Juara berapa saja, namun kalau bisa juara 1,” ucap Efrensia usai menyerahkan piagam penghargaan pemenang lomba.

Dia juga mendorong seluruh perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Gumas agar terus berinovasi, sehingga nantinya penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat dapat semakin baik.

Sekretaris Diskominfo PS Gumas Turina Baboe menjelaskan bahwa pada Lomba Inovasi Perangkat Daerah pihaknya menampilkan inovasi yakni Sistem Informasi Data Statistik Sektoral yang disingkat dengan SIDAT.

SIDAT, kata dia, dibuat untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola, dan menyajikan data statistik sektoral yang dihasilkan oleh perangkat daerah, sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Dia menyebut, SIDAT merupakan salah satu dari kegiatan statistik, memanfaatkan teknologi informatika dengan menggunakan internet, yang dimanfaatkan untuk pengumpulan data. Pengguna dapat mengaksesnya di https://sidat.gunungmaskab.go.id/.

Dengan adanya SIDAT diharapkan seluruh data sektoral yang dihasilkan perangkat daerah dapat diolah dan masuk pada aplikasi tersebut, sehingga mampu memberi kemudahan dalam pelayanan informasi data secara tepat, cepat, dan akurat.

“Harapan kita, data statistik sektoral ini dapat digunakan sebagai bahan dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan di Gumas,” ucap Turina saat menyampaikan paparan tentang SIDAT.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan Gumas Yantrio Aulia mengatakan Lomba Inovasi Perangkat Daerah tingkat kabupaten dilaksanakan pada 22 Juni hingga 30 Juli 2020 lalu.

Lomba ini diikuti oleh delapan perangkat daerah. Adapun bentuk inovasi yang dilombakan meliputi beberapa hal, yakni tata kelola pemerintahan daerah, pelayanan publik, serta inovasi bentuk lainnya.

“Pemenang I Diskominfo PS dengan nilai 1940, pemenang II Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan nilai 720, dan pemenang III Dinas Kesehatan dengan nilai 475,” demikian Yantrio Aulia.