KPU: Jadilah pemilih cerdas dengan mengenali visi dan misi paslon

id ngismatul choiriyah,palangka raya,covid-19,KPU: Jadilah pemilih cerdas dengan mengenali visi dan misi paslon

KPU: Jadilah pemilih cerdas dengan mengenali visi dan misi paslon

Salah satu warga Palangka Raya saat melakukan swafoto usai pemilihan umum Pilpres 2019. (ANTARA/Dokumentasi)

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Ngismatul Choiriyah mengajak masyarakat setempat mengenali figur serta visi dan misi para pasangan calon peserta Pilkada Kalteng 2020.

"Gunakan hak pilih secara baik dan bijak serta sesuai hati nurani. Selain itu pastikan kita mengenali siapa yang akan dipilih serta visi misi apa yang akan dicapai," kata Ngismatul di Palangka Raya, Rabu.

Menurut dia, pengenalan visi dan misi yang diusung para pasangan calon (paslon) menjadi penting diketahui dan dipahami karena merupakan gambaran besar arah pembangunan jangka panjang jika terpilih.

Menurut dia, pengetahuan tentang visi dan misi yang diusung para paslon juga merupakan indikator bahwa masyarakat telah menjadi pemilih cerdas.

"Jangan sampai salah pilih dan gunakan hak pilih karena kualitas pelaksanaan pilkada juga menentukan kualitas pemimpin yang terpilih nanti," katanya.

Di sisi lain, saat ini pihaknya juga terus menyusun strategi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pesta demokrasi di tengah pandemi COVID-19.

Di antara upaya tersebut dengan merekrut relawan demokrasi, melaksanakan sosialisasi melalui media daring, termasuk melaksanakan sejumlah kegiatan webinar.

Menurut dia, tantangan utama Pilkada 2020 adalah meningkatkan partisipasi pemilih karena pilkada serentak ini pada masa pandemi COVID-19.

Sementara itu, pada Pilkada Kalteng 2020, KPU Kota Palangka Raya menetapkan Daftar Pemilih Tetap sebanyak 180.771 jiwa terdiri dari 89.707 laki-laki dan 91.064 perempuan.

Mereka akan melakukan pemungutan suara atau menggunakan hak pilih sesuai lokasi masing-masing yang terbagi di 622 TPS yang tersebar di lima kecamatan dan 30 kelurahan di wilayah "Kota Cantik".