Puluhan ibu-ibu di Kapuas dilatih usaha buat abon ikan

id Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah,Kapuas,Kepala Disperindagkop UKM Kabupaten Kapuas, Batu Panahan,abon ikan,pelatihan membuat abon ikan

Puluhan ibu-ibu di Kapuas dilatih usaha buat abon ikan

Puluhan Ibu-ibu di Kecamatan Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas, diberikan pelatihan usaha mengolah abon ikan, belum lama ini. ANTARA/HO- Disperindagkop UKM Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melatih puluhan ibu-ibu di Kecamatan Kapuas Kuala cara membuat abon ikan.

Pelatihan tersebut diberikan sebagai upaya mendorong dan memotivasi ibu-ibu di wilayah ini membuat usaha abon ikan, kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disperindagkop UKM Kabupaten Kapuas, Batu Panahan di Kuala Kapuas, Selasa (17/11).

"Jadi, perekonomian keluarga bisa meningkat, sekaligus mengurangi tingkat pengangguran di kecamatan setempat," ucapnya.

Dikatakan, kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Kapuas Kuala ini, diikuti para peserta di 5 desa di daerah setempat, diantaranya Desa Palampai, Desa Cemara Labat, Desa Sei Teras, Desa Batanjung dan Desa Simpang Bunga Tanjung yang terdiri dari 8 Anggota TP PKK di tiap Desa.

Batu Panahan mengatakan selain pelatihan pengolahan ikan menjadi abon, juga diberikan pemahaman bagaimana melakukan pengemasan dan pemasaran. Sehingga pada saat produk yang dihasilkan, dapat diterima oleh masyarakat dan sudah tentu dengan kualitas yang terbaik.

"Semoga pelatihan yang kita laksanakan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi ibu-ibu untuk menambah penghasilan," ucapnya. 

dalam kesempatan itu juga diberikan bantuan berupa alat – alat kelengkapan seperti Kompor Gas, Wajan dan peralatan penunjang lainnya kepada peserta atau kelompok dengan pelatihan yang dilaksanakan.

Baca juga: Pemkab Kapuas kembali salurkan bantuan pakan ikan 8,7 ton ke Pokdakan

Selain pembuatan Abon Ikan, ada juga pelatihan pembuatan Keripik Pisang dan keterampilan dasar lainnya yang disampaikan oleh Kristina Tuswiyani selaku Instruktur.

Camat Kapuas Kuala, Inop menyampaikan terima kasih kepada Kepala Disperindagkop UMKM Kapuas beserta seluruh jajaran yang sudah memenuhi permintaannya beberapa bulan yang lalu. Sehingga diharapkan di Wilayah Kecamatan Kapuas Kuala dapat diadakan pelatihan yang berkaitan dengan potensi yang ada dan berdampak pada meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Perlu diketahui, bahwa di wilayah Kecamatan Kapuas Kuala terdapat beberapa potensi yang sangat menonjol diantarnya ikan tambak, maupun hasil tangkapan ikan dilaut serta padi, disamping potensi–potensi lainnya," demikian Inop.

Baca juga: 13 kasus baru COVID-19 di Kapuas dari klaster salah satu perkantoran

Baca juga: Kasus perceraian di Kapuas didominasi gugatan istri

Baca juga: Pemprov Kalteng beri pendampingan pelaku usaha perikanan 'food estate'

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar