Usai salurkan hak pilih, Ketua DPRD Palangka Raya tanggapi partisipasi masyarakat

id Dprd palangka raya, ketua dprd sigit k yunianto, pilkada kalteng, pilkada serentak 2020

Usai salurkan hak pilih, Ketua DPRD Palangka Raya tanggapi partisipasi masyarakat

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto beserta istri memberikan hak suaranya dalam Pilkada Kalteng 2020 di TPS 37 Jalan Moris Ismail III Kelurahan Langkai, Rabu, (9/12/2020). (ANTARA/Adi Wibowo )

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto menggunakan hak pilihnya pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020 di tempat pemungutan suara (TPS) 37 Jalan Moris Ismail III, Kelurahan Langkai, Kecamatan Pahandut.

"Hari ini masyarakat Kalteng khususnya Palangka Raya menggunakan hak pilih, semoga pemilihan ini berjalan aman dan lancar," kata Sigit didampingi istrinya Since, Rabu.

Sigit menjelaskan, hingga pukul 09.00 WIB partisipasi masyarakat untuk memberikan hak suaranya dalam pesta demokrasi lima tahun sekali ini, tidak bisa dipungkiri cukup rendah.

Menurutnya, rendahnya partisipasi pemilih karena pandemi COVID-19 yang melanda daerah, sehingga mungkin sebagian masyarakat lebih memilih hanya berdiam diri di rumah atau melaksanakan aktivitasnya sehari-hari.

"Dampak ekonomi masyarakat juga berpengaruh, maka dari itu warga lebih memilih bekerja untuk cari makan dibandingkan menyalurkan hak pilihnya," ucapnya.

Sigit yang juga Ketua Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI) periode 2020-2025 mengungkapkan, kalau nantinya partisipasi masyarakat rendah dalam memberikan hak suaranya, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) di daerah setempat bisa dikatakan gagal.

"Gagal yang dimaksudkan itu adalah tidak berhasil dalam mensosialisasikan untuk mengajak masyarakat datang ke TPS dan memberikan hak suaranya pada pilkada tahun ini," ungkapnya.

Ketua DPRD Palangka Raya dan istri yang menyalurkan hak pilih di TPS 37 Jalan Moris Ismail III, sebelum melakukan pencoblosan diperiksa oleh tim pengamanan masyarakat (Linmas).

Pemeriksaan tersebut yakni mengenai protokol kesehatan dari pengecekan suhu tubuh, wajib mencuci tangan serta memberikan sarung tangan ketika berada di dalam TPS.

Adapun pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng serentak 2020 diikuti dua pasangan calon yakni, Ben-Ujang Iskandar dan Sugianto Sabran-Edy Pratowo.