Bupati Gumas: Tugu Keserasian Sosial simbol terwujudnya keserasian sosial

id Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong,Tugu Keserasian Sosial ,Bupati Gumas: Tugu Keserasian Sosial simbol terwujudnya keserasian sosial

Bupati Gumas: Tugu Keserasian Sosial simbol terwujudnya keserasian sosial

Asisten I Setda Gumas Lurand didampingi Kepala Dinsos Gumas Jhonson Ahmad, Camat Kurun Yuelis Untung, Lurah yang juga selaku Ketua FKS Kelurahan Tampang Tumbang Anjir Berjoaldi, dan lainnya saat peresmian Tugu Keserasian Sosial di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun, Selasa (22/12/2020). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong diwakili Asisten II Setda Gumas Lurand meresmikan Tugu Keserasian Sosial Forum Keserasian Sosial (FKS) Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun, Selasa.

“Tugu Keserasian Sosial merupakan simbol terwujudnya keserasian sosial di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir,” ucap Bupati Gumas dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten I Setda Gumas saat meresmikan tugu.

Dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Sosial yang telah memberi bantuan dana sebesar Rp150 juta untuk FKS Kelurahan Tampang Tumbang Anjir.

Dana sebesar Rp150 juta tersebut, ujar dia, dimanfaatkan oleh FKS Kelurahan Tampang Tumbang Anjir untuk melakukan berbagai kegiatan, baik itu kegiatan fisik maupun non fisik.

Baca juga: Ketua DPRD Gumas ingatkan warga pastikan rumah aman sebelum mudik Natal

Kegiatan fisik yang dilakukan adalah membangun tugu, serta pos pelayanan terpadu dan balai pertemuan serbaguna yang juga diresmikan pada kesempatan ini, sedangkan kegiatan non fisik adalah melakukan dialog tematik I dan II.

“Pembangunan tersebut semua dilakukan secara gotong royong. Jadi dengan adanya program ini semangat gotong royong yang sempat luntur kembali menguat, ini patut kita apresiasi,” tuturnya.

Kepala Dinas Sosial Gumas Johnson Ahmad menjelaskan pada tahun 2020 ini ada dua FKS yang terbentuk di kabupaten itu, yakni di Desa Tumbang Tariak dan Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, keduanya di Kecamatan Kurun.

Masing-masing FKS tersebut, sambung dia, mendapat bantuan Rp150 juta yang berasal dari Kemensos, dan digunakan untuk melakukan kegiatan fisik yang dilakukan secara gotong royong, serta kegiatan non fisik.

Baca juga: Ibadah Natal di Gumas dipersilahkan asal terapkan prokes

Dia mengaku bangga terhadap FKS Kelurahan Tampang Tumbang Anjir yang bisa membangun tugu, posyandu, dan balai pertemuan serba guna secara gotong royong, tanpa ada upah sepeser pun kepada masyarakat.

Lurah yang juga selaku Ketua FKS Kelurahan Tampang Tumbang Anjir Berjoaldi mengatakan gotong royong pembangunan tugu, posyandu, dan balai pertemuan serbaguna dimulai sejak pertengahan Oktober 2020.

Balai pertemuan serba guna, lanjutnya, memiliki ukuran 5 x 8 meter dan posyandu memiliki ukuran 4 x 6 meter. Untuk lantai dan atap kedua bangunan tersebut berbahan kayu sedangkan atapnya berbahan seng.

“Walau dengan dana yang terbatas pembangunan tugu, posyandu, dan balai pertemuan serbaguna dapat diselesaikan dengan baik. Itu semua berkat kebersamaan dan gotong royong seluruh pihak,” demikian Berjoaldi.

Baca juga: Belasan desa di Gunung Mas telah salurkan BLT DD untuk Desember 2020

Baca juga: Wabup dorong wanita Gumas kembangkan usaha kue lokal

Baca juga: Bupati ingin Dekranasda Gumas perkuat jaringan pasar