Ketua DPRD Gumas ingatkan warga pastikan rumah aman sebelum mudik Natal

id Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Akerman Sahidar,DPRD Kabupaten Gunung Mas,Kabupaten Gunung Mas,Kalteng

Ketua DPRD Gumas ingatkan warga pastikan rumah aman sebelum mudik Natal

Ketua DPRD Gumas Akerman Sahidar saat memimpin rapat paripurna, di Kuala Kurun, baru-baru ini. ANTARA/HO- Sekretariat DPRD Gumas

Kuala Kurun, Gunung Mas, Kalte (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Akerman Sahidar mengimbau umat kristiani yang ingin merayakan Natal di kampung halaman agar memastikan rumah dalam keadaan aman, sebelum melakukan perjalanan.

"Pastikan rumah dalam keadaan aman sebelum kita melakukan perjalanan ke kampung halaman, supaya tidak terjadi kecurian atau kebakaran," ucapnya saat dibincangi awak media di Kuala Kurun, Senin.

Dikatakan, untuk mencegah terjadi kecurian, maka masyarakat harus memastikan rumah dan jendela dalam keadaan terkunci sebelum ditinggal pergi. Akan lebih baik jika masyarakat menambah kunci pengaman di pintu dan jendela.

Legislator yang berasal dari daerah pemilihan II yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini juga mendorong masyarakat untuk mengaktifkan pos keamanan lingkungan, demi kebaikan bersama.

Pria kelahiran Kelurahan Rabambang, Kecamatan Rungan Barat ini juga mengingatkan masyarakat agar memastikan segala sesuatu dalam keadaan aman, termasuk dalam hal yang dapat memicu terjadinya kebakaran.

"Kebakaran dapat berasal dari berbagai sumber api, seperti kompor, korek, atau juga dapat dipicu korsleting listrik. Itu beberapa yang harus kita waspadai saat akan mudik," papar politisi PDI Perjuangan ini.

Baca juga: Ibadah Natal di Gumas dipersilahkan asal terapkan prokes

Masyarakat, sambung dia, hendaknya mematikan semua aliran listrik, mengosongkan lemari es dan matikan aliran listriknya, mengosongkan penampungan air dan matikan listrik pompa air, merapikan kabel aliran listrik.

Selanjutnya, masyarakat hendaknya mencabut semua steker dari stop kontaknya, mencabut regulator tabung gas, menutup tabung gas dengan rapat, menyimpan tabung gas di ruangan, dan beberapa lainnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar menitipkan rumah mereka ke tetangga sekitar yang tidak mudik, supaya ada yang memantau dan memastikan rumah dalam keadaan aman selama ditinggal mudik.

"Itu tadi beberapa hal yang biasa saya lakukan sebelum melakukan perjalanan mudik. Rencananya pada Natal ini saya dan keluarga juga akan mudik ke Kelurahan Rabambang," demikian Akerman.  

Baca juga: Belasan desa di Gunung Mas telah salurkan BLT DD untuk Desember 2020

Baca juga: Wabup dorong wanita Gumas kembangkan usaha kue lokal

Baca juga: Bupati ingin Dekranasda Gumas perkuat jaringan pasar

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar