Legislator Gumas sebut Upon Batu miliki beragam potensi wisata

id Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Cici Susilawati ,Komisi III DPRD Kabupaten Gunung Mas,DPRD Kabupaten Gunung Mas,DPRD Gumas

Legislator Gumas sebut Upon Batu miliki beragam potensi wisata

Legislator Gumas Cici Susilawati (mengenakan topi) dan Dewi Sari saat mengunjungi Batu Antang di Desa Upon Batu Kecamatan Tewah, awal Januari 2021 lalu. ANTARA/HO – Cici Susilawati

Kuala Kurun, Gunung Mas, Kalte (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Cici Susilawati menyatakan bahwa Desa Upon Batu, Kecamatan Tewah, memiliki beragam potensi wisata yang dapat menarik banyak kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Baru-baru ini saya mengunjungi Desa Upon Batu. Di sana ada berbagai objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi," ucap Cici saat dihubungi dari Kuala Kurun, Rabu.

Dikatakan, di Upon Batu terdapat objek wisata alam yakni Batu Suli. Ada juga wisata budaya seperti Kuburan Nyai Inai Rawang, Makam Amai Rawang, Batu Tingkes, Batu Antang, dan Kaleka Betang Tamanggung Amai Rawang.

Terlebih, ujar dia, saat ini sudah ada jembatan gantung menuju Upon Batu. Jembatan tersebut juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Upon Batu.

"Selain itu, akses jalan dari Kota Kuala Kurun menuju Upon Batu juga sudah mulus beraspal. Jadi masyarakat yang ingin berkunjung ke sana tidak akan mengalami kesulitan," paparnya.

Politisi Partai Demokrat ini berharap masyarakat Upon Batu dapat memanfaatkan secara maksimal serta mengelola dengan baik berbagai potensi wisata yang ada di sana, untuk meningkatkan perekonomian.

Baca juga: PDAM Gunung Mas berupaya tambah kapasitas produksi air

Cici yang merupakan anggota Komisi III DPRD Kabupaten Gunung Mas yang membidangi kesejahteraan rakyat juga mengimbau kepada wisatawan yang berkunjung ke Upon Batu agar menjaga objek wisata yang ada di sana.

"Mari kita bersama-sama menjaga objek wisata di Upon Batu dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, tidak mencoret atau merusak berbagai fasilitas yang ada, dan lainnya," tuturnya.

Lebih lanjut, perempuan kelahiran Kelurahan Tumbang Talaken, Kecamatan Manuhing ini menilai ada berbagai potensi wisata yang menarik dan layak dikunjungi di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau.

"Misalnya saja Taman Hutan Raya Lapak Jaru dan Air Terjun Batu Mahasur di Kecamatan Kurun. Ada juga Betang Tumbang Anoi di Desa Tumbang Anoi Kecamatan Damang Batu, dan lainnya. Sangat rugi jika kita tidak berkunjung ke sana," demikian Cici.

Baca juga: Pemkab Gumas tidak perpanjang kontrak PTT jika positif narkoba

Baca juga: Legislator minta DPU Gumas segera perbaikan jembatan di Tumbang Empas

Baca juga: Legislator Gumas sesalkan desa tidak cairkan DD dan ADD 2020