Pertamina-Pemkot Palangka Raya bersinergi optimalkan penanganan sampah

id Pertamina, csr pertamina, pemkot palangka raya, palangka raya, sampah, kontainer sampah pertamina

Pertamina-Pemkot Palangka Raya bersinergi optimalkan penanganan sampah

Penyerahan bantuan kontainer sampah dari Pertamina kepada Pemkot Palangka Raya, Kamis, (25/2/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Pertamina mendukung optimalisasi penanganan sampah di wilayah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah dengan memberikan bantuan berupa kontainer sampah kepada pemerintah kota setempat.

"Bantuan yang kami berikan sebanyak empat unit kontainer sampah yang diserahkan kepada pemerintah kota setempat," kata Unit Manager Comrel and CSR Mor VI Pertamina Susanto August Satria di Palangka Raya, Kamis.

Bantuan ini merupakan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) dari Pertamina.

Salah satu misinya adalah mendukung pemkot setempat dalam penanganan dan pengelolaan sampah agar bisa lebih baik lagi.

Hal ini juga dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2021 yang salah satu tujuannya adalah menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi melalui gerakan memilah sampah.

"Masyarakat harus sadar dan bisa memanfaatkan sampah, hingga akhirnya bisa memberikan manfaat tambahan," jelasnya.

Adapun bantuan empat unit kontainer sampah tersebut, secara simbolis diterima oleh Asisten I Setda Palangka Raya Kandarani didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Achmad Zaini.

Kandarani mengapresiasi bantuan tersebut dan berharap hal serupa bisa diikuti oleh pelaku usaha ataupun perusahaan lainnya yang ada di wilayah setempat.

"Ini sebagai bukti program CSR Pertamina mengena, artinya sesuai kebutuhan dari daerah," terangnya.

Menurutnya salah satu yang menjadi perhatian pemerintah kota saat ini adalah pengelolaan kebersihan kota yang optimal. Untuk itu pihaknya mengajak para pelaku usaha atau swasta lebih peduli dan berpartisipasi dalam pembangunan, termasuk dalam penanganan sampah.

"Jangan hanya berharap kepada pemerintah saja, namun juga berpartisipasi dalam upaya penanganan sampah di kota ini," jelasnya.

Selain itu, Pertamina juga menyerahkan bantuan berupa satu unit ambulans dan empat unit mobil jenazah ke beberapa kabupaten di Kalimantan Tengah.

Bantuan satu unit ambulans diserahkan secara simbolis di Palangka Raya oleh Susanto August Satria kepada Kepala Desa Batu Kotam, Kecamatan Bulik, Lamandau, Yusri.

Sedangkan empat unit mobil jenazah dikirimkan sebelumnya kepada penerima bantuan yaitu ke masing-masing daerah penerima. Diharapkan bantuan akses pelayanan kesehatan tersebut, mampu membantu daerah dan juga masyarakat.