Damkar Palangka Raya siapkan layanan khusus panggilan darurat

id gloriana,umi mastikah,damkar dan penyelamatan,palangka raya

Damkar Palangka Raya siapkan layanan khusus panggilan darurat

Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah (dua kanan) dan Kadis Damkar dan Penyelamatan Gloriana (kanan) saat peringatan hari ulang tahun ke-102 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Indonesia yang dilaksanakan di halaman kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Palangka Raya, Senin (1/3/2021). (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah menyiapkan layanan khusus berupa panggilan darurat.

"Mudah-mudahan Maret ini bisa kita luncurkan layanan 'call emergency' tersebut," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya Gloriana di Palangka Raya, Senin.

Dia menerangkan layanan panggilan khusus itu nantinya dapat dilakukan masyarakat di wilayah Palangka Raya dengan menghubungi nomor 112. Nomor layanan khusus ini juga sudah mendapat persetujuan pusat.

"Selain itu layanan 'call emergency' ini juga akan menjadi layanan pertama dan satu-satunya yang dilakukan dinas pemadam kebakaran di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah," jelas Gloriana.

Diantara layanan tersebut seperti aduan kejadian-kejadian yang mengancam nyawa seperti, kebakaran, gangguan keamanan, bencana alam, kecelakaan, kekerasan dalam rumah tangga, juga kecenderungan bunuh diri dan lain sebagainya.

"Untuk langkah awal akan ada sejumlah instansi yang terintegrasi dalam layanan ini. Diantaranya Dinas Perhubungan dan BPBD Palangka Raya. Nantinya akan terus kita kembangkan sehingga akan lebih banyak instansi yang terlibat di dalamnya," terangnya.

Pernyataan itu diungkapkan dia saat acara peringatan hari ulang tahun ke-102 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Indonesia yang dilaksanakan di halaman kantor dinas pemadam setempat.

"Di usia yang tak lagi muda ini saya terus mendorong agar Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan semakin hadir di tengah masyarakat. Tak hanya untuk pemadaman kebakaran tetapi juga untuk berbagai jenis penyelamatan," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah yang memimpin acara peringatan HUT itu mengatakan saat ini Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan sudah menjadi kepercayaan dan mempunyai catatan yang baik di tengah masyarakat.

Menurut dia, Dinas Damkar dan Penyelamatan tak hanya hadir di setiap kejadian kebakaran, damkar juga selalu memberi layanan penyelamatan seperti evakuasi dan penyelamatan binatang dan masih banyak hal yang dilakukan.

"Selalu bersemangat dalam melayani masyarakat. Kami juga sangat mengapresiasi inovasi layanan 'call emergency' yang merupakan bentuk respon cepat pemerintah menanggapi kebutuhan masyarakat," kata Umi.