Ketua DPRD Palangka Raya: aspirasi masyarakat harus prioritas RKPD

id Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto ,DPRD Kota Palangka Raya,Kota Palangka Raya,musyawarah RKPD

Ketua DPRD Palangka Raya: aspirasi masyarakat harus prioritas RKPD

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto (kanan) usai menghadiri kegiatan Musrenbang RKPD di lokasi Wisata Dermaga Kereng Bangkirai pada Kamis (31/3/2021). ANTARA/Adi Wibowo

Penyingkronannya adalah dari penyusunan RKPD disesuaikan dengan RPJP, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah kota, provinsi dan pusat,
Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto mengingatkan musyawarah perencanaan pembangunan rencana kerja pemerintah daerah di obyek wisata Dermaga Kereng Bangkirai beberapa waktu lalu, harus benar-benar memprioritaskan aspirasi masyarakat.

"Musrenbang RKPD harus mampu mengimplementasikan penyusunan rencana kerja yang prioritasnya mengakomodasi aspirasi masyarakat, sehingga masyarakat sejahtera nantinya," kata Sigit di Palangka Raya, Kamis.

Menurut dia, aspirasi masyarakat yang dimaksudkan yakni aspirasi yang sudah terhimpun dalam perencanaan, baik melalui musrenbang tingkat kelurahan, kecamatan maupun aspirasi yang dihimpun para anggota DPRD setempat.

Sigit mengatakan semua usulan yang dihimpun, tentunya juga akan dirumuskan dalam RKPD dan itu juga diselaraskan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) yang nantinya akan disinkronkan.

"Penyingkronannya adalah dari penyusunan RKPD disesuaikan dengan RPJP, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah kota, provinsi dan pusat," bebernya.

Sigit yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Kalteng menambahkan, memang untuk di Kota Palangka Raya juga cukup banyak pembangunan yang harus ditingkatkan.

Baca juga: Pusat gelontorkan Rp30 miliar percantik wisata Kereng Bangkirai

Apabila hal tersebut dapat diatasi dari tahun ketahun, tentunya pembangunan di daerah setempat akan lebih maju dan berkembang seperti kabupaten atau kota yang maju sesuai dengan hal yang ditonjolkan.

"Jelas di sini sektornya cukup banyak sekali, baik itu di bidang pertanian, infrastruktur serta lain sebagainya perlu dibenahi sehingga nantinya benar-benar terkelola dengan baik dan dapat mensejahterakan masyarakat setempat," ungkapnya.

Sebelum mengakhiri perbincangannya dengan sejumlah awak media, Ia juga menambahkan, pihaknya juga akan terus melakukan pengawasan terhadap pembangunan yang dilakukan pemkot setempat.

"Pengawasan yang kami lakukan itu bertujuan mengingatkan instansi terkait yang melaksanakan pembangunan serta lain sebagainya. Apabila melenceng dan tidak sesuai dengan RPJP dan RPJMD maka kami akan ingatkan sehingga bisa diselaraskan kembali," tandasnya.

Baca juga: DPRD sarankan pemkot Palangka Raya tetap adakan pasar Ramadhan

Baca juga: Perlu ketegasan dalam penerapan larangan mudik, kata Ketua DPRD Palangka Raya