Mendorong minat baca siswa Bartim melalui lomba bertutur

id Mendorong minat baca siswa Bartim melalui lomba bertutur, Kalteng, Bartim, Barito timur

Mendorong minat baca siswa Bartim melalui lomba bertutur

Seorang siswi SD mengikuti lomba bertutur tingkat Kabupaten Bartim tahun 2021 yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bartim di Tamiang Layang, Rabu (21/4/2021). ANTARA/HO-Diskominfo Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKA) Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah menggelar lomba bertutur bagi siswa-siswi sekolah dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di daerah itu.

“Gelaran lomba bertutur ini merupakan komitmen Perpusnas untuk tetap mencerdaskan anak-anak bangsa, meski situasi saat ini dalam pandemi COVID-19,” kata Kepala DPKA Bartim Friandiano Leloni di Tamiang Layang, Rabu.

Menurutnya, lomba bertutur sebagai upaya membangun generasi muda Indonesia gemar membaca, menumbuhkan karakter bangsa melalui kecintaan terhadap budaya lokal.

Selain itu, untuk mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah yang mengandung nilai-nilai kehidupan yang baik serta membangun karakter anak bangsa, menambah kecintaan anak-anak terhadap karya budaya bangsa.

Tujuan lainnya yakni mempersiapkan generasi muda yang dapat jadi panutan, melaksanakan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dan meningkatkan literasi untuk kesejahteraan.

“Peserta yang  menjadi juara satu akan mewakili Kabupaten Bartim pada lomba bertutur tingkat Provinsi Kalteng,” kata Leloni.

Baca juga: Seorang pria ditemukan tewas berlumuran darah tanpa busana di Bartim

Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca pada DPKA Bartim, Ernawaty menambahkan, pelaksanaan lomba dilaksanakan tatap muka namun tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Setiap peserta diwajibkan menerapkan protokol kesehatan (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan) dan wajib melampirkan hasil tes cepat dengan hasil non-reaktif,” kata Erna.

Peserta merupakan perwakilan tiap kecamatan minimal dua orang peserta dan satu orang pendamping. Peserta merupakan siswa-siswi kelas IV atau V bersekolah di SD dan MI.

“Sedangkan judul cerita dalam lomba bertutur ditentukan panitia,” katanya.

Ditambahkan Erna, setiap peserta yang berhasil meraih juara satu, dua dan tiga pada lomba bertutur tingkat kabupaten ini akan mendapat uang pembinaan dan piagam penghargaan dari panitia.

Lomba bertutur siswa-siswi SD dan MI tingkat Kabupaten Bartim tahun 2021 dilaksanakan di aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bartim selama dua hari yakni Rabu (21/4) dan Kamis (22/4) besok.

Baca juga: RSUD Tamiang Layang tambah kapasitas ruang isolasi pasien COVID-19