Ketua DPRD Kotim minta kepedulian masyarakat menjaga kamtibmas

id Ketua DPRD Kotim minta kepedulian masyarakat menjaga kamtibmas, Kalteng, DPRD Kotim, Rinie, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

Ketua DPRD Kotim minta kepedulian masyarakat menjaga kamtibmas

Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Rinie. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, Rinie meminta kepedulian setiap orang untuk turut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat atau kamtibmas agar daerah ini selalu kondusif.

"Menjaga keamanan itu tidak bisa hanya dibebankan kepada aparat karena dengan jumlah personel yang terbatas tentu kemampuan aparat juga terbatas. Kita sebagai masyarakat juga harus peduli untuk membantu aparat, setidaknya menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing," kata Rinie di Sampit, Minggu.

Rinie mengaku bersyukur karena hingga saat ini situasi kamtibmas di Kotawaringin Timur selalu terjaga. Ini berkat sinergitas yang baik antara semua pihak, khususnya aparat keamanan dengan masyarakat.

Meski begitu, kewaspadaan harus terus dilakukan karena gangguan keamanan itu bisa muncul kapan dan di mana saja. Kewaspadaan bersama diharapkan dapat menekan peluang terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Kotawaringin Timur sebagai daerah terbuka yang mudah diakses melalui jalur darat, sungai, laut dan udara, dinilai memiliki tingkat kerawanan gangguan lebih tinggi. Masyarakat tidak hanya harus mewaspadai ancaman yang mungkin datang dari luar, tetapi juga potensi gangguan yang mungkin muncul di daerah sendiri.

Rinie sangat mendukung upaya deteksi dini dikedepankan dalam mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat. Mengaktifkan sistem keamanan lingkungan atau siskamling dinilai menjadi cara yang baik untuk dilakukan agar masyarakat bisa menjaga keamanan wilayah masing-masing.

Baca juga: GPPI Kotim: Sudah 70 persen perusahaan sawit bayar THR pekerja

Menurut politisi PDIP, ini akan mempermudah masyarakat untuk melakukan pencegahan dini dengan memantau setiap pendatang atau orang tidak dikenal di lingkungan mereka. Kepedulian masyarakat dinilai efektif untuk mempersempit ruang gerak orang-orang yang berniat melakukan tindak kejahatan.

Kekompakan masyarakat juga akan semakin erat dengan adanya silaturahmi dan sering bertemu. Dampak positifnya yaitu bisa dengan mudah menyelesaikan berbagai permasalahan yang mungkin muncul di tengah masyarakat.

"Kita jaga keamanan lingkungan kita masing-masing sehingga tidak ada kesempatan bagi orang yang hendak melakukan kejahatan. Ini juga akan membuat sistem keamanan daerah kita semakin kuat," ujar Rinie.

Rinie menyampaikan apresiasinya kepada aparat keamanan dan seluruh masyarakat yang hingga kini dapat menjaga situasi daerah tetap kondusif. Kebersamaan, kekompakan dan toleransi yang tinggi harus terus ditingkatkan agar Kotawaringin Timur selalu aman dan damai.

Baca juga: Seekor buaya besar mati terdampar di pinggir Sungai Mentaya