DPRD Seruyan minta SOPD usulkan anggaran secara terukur

id DPRD Seruyan minta SOPD usulkan anggaran secara terukur, Kalteng, seruyan

DPRD Seruyan minta SOPD usulkan anggaran secara terukur

Anggota DPRD Seruyan Harsandi di Kuala Pembuang. ANTARA/HO-DPRD Seruyan.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Harsandi meminta Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempat mengusulkan anggaran secara terukur agar serapan anggaran dapat tercapai dengan baik.

“Hal tersebut berdasarkan dari laporan pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Seruyan tahun 2020 masih ada beberapa SOPD yang realisasi belanjanya masih sangat kecil, maka dari itu kita minta agar SOPD mengusulkan anggaran secara terukur,” kata Harsandi di Kuala Pembuang, Rabu.

Menurut dia, pengusulan anggaran dengan terukur ini dimaksudkan agar SOPD yang ada di Seruyan benar-benar bisa melaksanakan berbagai kegiatan yang telah diusulkan tersebut dengan baik. Dampaknya, realisasi pembangunan dan serapan anggaran juga lebih optimal.

Selain itu, diharapkan seluruh SOPD di lingkup Pemkab Seruyan bisa meningkatkan kinerja sehingga serapan anggaran dapat meningkat. Saat ini sudah memasuki triwulan II maka untuk mencapai target itu mulai saat ini sudah harus diupayakan dengan optimal.

Baca juga: Pemkab diminta gencarkan promosi pariwisata Seruyan

Lebih lanjut dia menyampaikan, pihaknya secara kelembagaan akan terus memantau, khususnya yang berkaitan dengan percepatan penyerapan anggaran tersebut. DPRD terus mendorong pihak terkait agar memaksimalkan serapan anggaran yang ada dan bisa lebih baik daripada tahun sebelumnya.

 "Kita imbau kepada Pemkab Seruyan melalui instansi terkaitnya agar bisa memaksimalkan kinerja dan serapan anggarannya agar terus dipacu menjadi lebih baik lagi seperti tahun-tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Kemudian, dengan maksimalnya serapan anggaran yang ada, tentu akan berpengaruh terhadap kemajuan pembangunan yang ada di wilayah setempat dan memberikan efek positif terhadap kesejahteraan masyarakat. Sangat disayangkan jika kegiatan tidak terlaksana optimal padahal anggarannya tersedia.

“Maka dari itu, saya mengharapkan agar pemerintah bisa terus melakukan evaluasi mana yang memang masih belum maksimal, khususnya terhadap program fisik supaya bisa segera diselesaikan tepat pada waktunya,” demikian Harsandi.

Baca juga: Pansus DPRD Seruyan tindak lanjuti catatan LHP BPK RI