DPRD Kotim sarankan Pemkab gali PAD dari pabrik sawit

id DPRD Kotim sarankan Pemkab gali PAD dari pabrik sawit, Kalteng, DPRD Kotim, Abdul Kadir, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

DPRD Kotim sarankan Pemkab gali PAD dari pabrik sawit

Anggota DPRD Kotawaringin Timur Abdul Kadir. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, Abdul Kadir menyarankan pemerintah kabupaten setempat menggali potensi pendapatan asli daerah (PAD) di bidang perkebunan diantaranya dengan membangun pabrik kelapa sawit.

"Ini bukan hal mustahil. Peluangnya ada. Kalau memungkinkan, saya rasa membangun pabrik sawit akan menguntungkan," kata Abdul Kadir di Sampit, Senin.

Politisi Partai Golkar ini menilai, perkebunan kelapa sawit menjadikan salah satu sektor yang potensial di Kotawaringin Timur. Selain bagi perusahaan besar yang jumlahnya sudah lebih dari 50 perusahaan, perkebunan kelapa sawit kini juga semakin diminati masyarakat dengan banyaknya perkebunan sawit rakyat.

Namun fluktuasi harga sawit sering menjadi keluhan. Ketika harga anjlok, petani tidak banyak pilihan selain tetap menjual kepada pabrik kelapa sawit milik perusahaan dengan harga yang ditetapkan oleh perusahaan.

Kondisi ini rawan permainan harga, sementara petani tidak ada pilihan. Bahkan, bukan hal mustahil pabrik menunda membeli sawit hasil panen kebun rakyat dengan alasan stok sedang banyak karena bersamaan musim panen.

Menurut Abdul Kadir, kekhawatiran seperti itu tidak akan terjadi lagi jika pemerintah daerah melalui Badan Usaha Milik Daerah atau BUMD membangun pabrik kelapa sawit. Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur memiliki BUMD yang seharusnya bisa dioptimalkan untuk meningkatkan PAD.

"Pabrik milik pemerintah daerah akan tetap menampung sawit dari petani meski harga sedang turun. Dan jika pun harga turun, pabrik membeli sawit petani tetap dengan harga wajar sehingga pendapatan petani tidak sampai anjlok," kata Abdul Kadir.

Selain mendapatkan keuntungan sehingga bisa mendongkrak PAD, keberadaan pabrik sawit milik pemerintah daerah juga akan menjadi solusi bagi petani untuk menjual hasil panen kebun mereka dengan harga yang stabil.

Untuk memudahkan sistem penyerapannya, petani bisa mengoptimalkan keberadaan koperasi. Dengan begitu, petani akan kompak dan bisa melakukan banyak hal positif bersama, termasuk bersinergi dengan pabrik sawit yang diharapkan bisa didirikan oleh pemerintah daerah.

“Kalau ini diwujudkan serius dan dikelola benar-benar oleh pemerintah melalui BUMD, kami di DPRD yakin ini akan berdampak besar untuk  kesejahteraan masyarakat dan mampu meningkatkan PAD," demikian Abdul Kadir.

DPRD mendorong pemerintah daerah terus melakukan terobosan-terobosan untuk meningkatkan PAD, terlebih di tengah pandemi COVID-19 saat ini perekonomian menurun sehingga diperlukan kreativitas dalam menggali pendapatan asli daerah.

Baca juga: Legislator Kotim banyak terima keluhan masyarakat terkait kerusakan jalan di Sampit

Baca juga: Pembangunan desa di Kotim diharapkan berkelanjutan