Wilayah utara Kotim perlu mendapat prioritas pembangunan

id Wilayah utara Kotim perlu mendapat prioritas pembangunan, Kalteng, DPRD Kotim, Hendra Sia, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

Wilayah utara Kotim perlu mendapat prioritas pembangunan

Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Hendra Sia. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pembangunan di wilayah utara Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah dinilai perlu mendapat perhatian karena masih infrastrukturnya masih terbatas padahal sangat dibutuhkan masyarakat.

"Seperti di Kecamatan Tualan Hulu banyak desa yang belum terjangkau listrik, akses jalannya juga terbatas. Saatnya pembangunan fokus ke Utara karena di kota sudah bagus," kata anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Hendra Sia di Sampit, Rabu.

Wilayah utara meliputi Kecamatan Parenggean, Antang Kalang, Telaga Antang, Mentaya Hulu, Tualan Hulu dan Bukit Santuai. Hendra Sia sangat mengetahui kondisi keterbatasan yang hingga saat ini dirasakan masyarakat di wilayah yang merupakan daerah pemilihan yang diwakilinya.

Hendra Sia terus gencar menyuarakan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat di wilayah utara. Dia ingin wilayah tersebut juga maju seperti wilayah perkotaan, apalagi potensinya cukup besar.

Wilayah utara atau hulu memiliki potensi besar di bidang perkebunan, pertambangan, kehutanan dan pertanian pangan. Potensi pariwisata alam dan budaya juga banyak terdapat di wilayah ini.

Sayangnya, keterbatasan akses jalan, listrik dan sarana telekomunikasi, membuat potensi yang ada belum bisa dimaksimalkan. Bahkan masih ada desa yang belum bisa dijangkau melalui jalan darat.

Hendra Sia yakin, pembangunan infrastruktur akan mendorong peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di kawasan utara. Untuk itu dia berharap kawasan utara mendapat perhatian lebih agar bisa mengejar ketertinggalan dibanding kemajuan di kawasan lain.

"Fakta di lapangan menunjukkan bahwa pembangunan di wilayah utara masih sangat membutuhkan perhatian. Kemajuan wilayah utara akan membawa dampak positif terhadap Kotawaringin Timur secara keseluruhan," ujar Hendra Sia.

Baca juga: Legislator Kotim berharap Perda Kawasan Tanpa Rokok dilaksanakan