Sekda: Vaksinasi Ibu Hamil di Katingan ditargetkan 700 orang

id Sekretaris Daerah Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah,Pransang, Sekda Kabupaten Katingan, Kabupaten Katingan, Sekda Katingan, Katingan, Kalteng

Sekda: Vaksinasi Ibu Hamil di Katingan ditargetkan 700 orang

Sekda Kabupaten Katingan Pransang memberikan bantuan nutrisi kepada seorang ibu hamil peserta vaksinasi, Kamis (26/8/2021). (ANTARA/HO-Diskominfo Katingan)

Kasongan (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, Pransang menyatakan bahwa target vaksinasi COVID-19 terhadap Ibu Hamil di wilayah setempat sebanyak 700 orang, dan akan dilakukan di pusat kesehatan terdekat.

Pernyataan itu disampaikan Pransang saat mewakili Bupati Katingan menyaksikan pencanangan secara serentak vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil di 14 kabupaten/kota se-Kalteng yang disiarkan melalui video conference oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (27/8/2021).

"Iya hari ini serentak dilaksanakan pencanangan vaksinasi COVID-19 di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, termasuk di Kabupaten Katingan ini," ucap Pransang.

Pencanangan vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil di Kabupaten Katingan dilaksanakan di Aula Kantor Pabung 1015 Kodim Sampit di Kasongan. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil ini dilakukan oleh pihak Puskesmas II Katingan Hilir. 

Dalam pencanangan ini pula, Sekda Katingan Pransang dan istri juga menyempatkan memberikan bantuan nutrisi di antaranya susu bubuk kepada para ibu hamil.

Tampak hadir mengikuti kegiatan secara virtual diantaranya unsur Forkopimda Kabupaten Katingan, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RS Mas Amsyar Kasongan, Ketua Dharma Wanita Persatuan Katingan, Ketua IBI Katingan, Kabagops Polres Katingan, Perwira Penghubung Kasongan dan Kasi Intel Kejari Katingan Siswanto.

Sekda menuturkan jika dirinya mengucap syukur dengan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil ini. Pasalnya, sebelumnya bagi ibu hamil ini tidak boleh divaksin COVID-19.

"Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar dan tidak ada kendala atau gangguan setelah divaksin," harap Pransang.

Baca juga: Bupati tinjau kemajuan pembangunan jalan wilayah hilir Katingan

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan dr Robertus Pamuriyanto menuturkan jika saat ini jumlah ibu hamil di Katingan yang siap untuk divaksinasi COVID-19 tercatat ada sekitar 700 orang.

Menurutnya, saat pencanangan hari ini jumlah ibu hamil yang mengikuti vaksin sebanyak 30 orang. Selanjutnya para ibu hamil ini dapat mengikuti vaksinasi COVID-19 di masing-masing puskesmas terdekat.

"Untuk saat ini jumlah ibu hamil sesuai data yang kami peroleh di Kabupaten Katingan berjumlah sekitar 700 orang, dan mereka nantinya akan divaksinasi COVID-19," kata Robertus.

Dia mengimbau kepada lapisan masyarakat baik yang belum vaksin maupun yang telah divaksin untuk tetap melakukan 5 M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjaga kerumunan, dan membatasi interaksi.

Baca juga: Pemkab Katingan salurkan bantuan sembako dan obat-obatan