Berikut sejumlah tips berjualan secara online

id Pemkab seruyan, kuala pembuang, literasi digital, siberkreasi, cakap digital

Berikut sejumlah tips berjualan secara online

Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Seruyan, Sabtu, (28/8/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Agar produk atau jasa yang ditawarkan produsen bisa cepat laku terjual atau mendapatkan konsumen saat berjualan secara daring atau online, tentu ada sejumlah hal yang bisa dilakukan.

Salah satunya adalah menampilkan barang secara menarik, kata narasumber Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Seruyan, Kalimantan Tengah Taopik Hidayat, Sabtu.

"Selain itu yang tak kalah penting mematok harga jual bersaing dengan penjual lainnya," jelas Taopik yang merupakan Sekretaris DPD KNPI Seruyan serta pelaku usaha tersebut.

Selanjutnya, penjual harus bisa memberikan jaminan kepada calon pembeli tentang kualitas barang yang dijual, sehingga mereka semakin yakin dan tidak ragu untuk membeli.

Kemudian para penjual dituntut bersikap ramah dan sabar dalam menjalankan usahanya, serta memiliki semangat dan keyakinan bahwa barang yang dijual akan segera laku.

Lebih lanjut Taopik memaparkan, di era digital saat ini sudah seharusnya masyarakat menyadari betapa mengasikkannya berjualan secara online dengan memanfaatkan berbagai media sosial yang tersedia.

"Karena bebas tempat, bebas waktu, untung yang menjanjikan, serta sejumlah kemudahan dan keunggulan lainnya," jabarnya.

Ia menjelaskan, media untuk berjualan secara online pun juga beragam, mulai dari Facebook, Instagram dan lainnya.

Sementara itu narasumber lainnya dalam kegiatan tersebut diantaranya Andy/rif seorang musisi ternama di tanah air yang membagikan pengalamannya di ruang digital, seorang abdi negara yakni Zain Abdurrasyid membahas tentang budaya digital, serta seorang enterpreneur Eunike Fersa membahas tentang keamanan digital.

Dalam kegiatan ini Bupati Seruyan Yulhaidir juga turut menyampaikan dukungannya terhadap Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat dalam ruang digital.

"Kami harapkan masyarakat Seruyan bisa berpartisipasi dalam rangkaian webinar ini dan menjadi semakin cakap digital," ungkap Yulhaidir.