Bupati Kotim minta KOK bantu meraih juara umum Porprov

id Bupati Kotim minta KOK bantu meraih juara umum Porprov, Kalteng, Bupati Kotim, Halikinnor, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

Bupati Kotim minta KOK bantu meraih juara umum Porprov

Ketua KONI Kotawaringin Timur Ahyar Umar melantik KOK empat kecamatan disaksikan Bupati Halikinnor, Senin (19/10/2021). ANTARA/HO-Prokopim Kotim

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor meminta seluruh Koordinator Olahraga Kecamatan (KOK) membantu daerah ini untuk meraih juara umum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah yang akan digelar di Sampit pada 2023 mendatang.

"Tahun 2023 nanti kita menjadi tuan rumah Porprov Kalteng. Ini menjadi tantangan bagi kita semua agar bisa sukses, yakni sukses sebagai tuan rumah penyelenggara, serta sukses meraih prestasi sebagai juara umum," kata Halikinnor, Senin.

Harapan itu disampaikan Halikinnor saat menghadiri pelantikan pengurus KOK Mentaya Hilir Selatan, Mentaya Hilir Utara, Teluk Sampit dan Pulau Hanaut. 

Pelantikan dipusatkan di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan dipimpin Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kotawaringin Timur Ahyar Umar.

Menurut Halikinnor, menyukseskan Porprov Kalimantan Tengah merupakan tanggung jawab bersama. Begitu pula meraih target juara umum Porprov, hanya bisa dicapai dengan kerja keras semua pihak.

Peran KOK sangat penting dalam membantu KONI. KOK diharapkan lebih optimal dalam membantu pembinaan atlet di wilayah masing-masing sehingga kualitas atlet di Kotawaringin Timur akan semakin meningkat.

Halikinnor berpesan agar semua pihak terkait untuk meningkatkan sinergitas. Porprov harus dipersiapkan sejak dini dan secara matang agar target sukses menjadi tuan rumah dan meraih prestasi juara umum bisa tercapai.

Halikinnor menegaskan, program kerja itu nanti akan dites saat pelaksanaan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) tahun 2022. Melalui event tersebut bisa diketahui potensi cabang olahraga mana yang bisa menjadi andalan dari setiap kecamatan.

"Saya minta KOK juga aktif membantu karena ini merupakan tugas kita semua. Mulai dari sekarang setelah pelantikan, KOK harus segera menyusun program kerja,” ujarnya.

Baca juga: Perbaikan sekolah rusak di Kotim gandeng perusahaan

Ketua KONI Kotawaringin Timur, Ahyar Umar mengatakan, KONI dan KOK segera membahas persiapan  Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) yang akan dilaksanakan pada 2022 nanti. 

“Porkab kita agendakan di tahun 2022 sekitar bulan Maret. Nanti akan kita bahas cabang olahraga apa saja yang akan dipertandingkan. KOK kami minta mempersiapkan atlet untuk Porkab,” kata dia.

Ahyar Umar mengatakan, Porkab kali ini mempunyai makna sangat penting karena merupakan langkah persiapan menuju Porprov Kalteng 2023. Untuk itu pelaksanaannya diharapkan berjalan sukses dan mampu menghasilkan juara-juara berkualitas tinggi.

“Jaga kekompakan, bina atlet potensial di daerah, gali SDM untuk menunjang olahraga di daerah. Kalau ada masalah selesaikan dengan cara musyawarah dan laporkan ke KONI Kabupaten,” pungkasnya.

Baca juga: Tiga ketua DPRD bertemu di Sampit