Kemenkumham Kalteng ikuti Pelayanan Publik Legal Expo 2021

id Kemenkumham Kalteng ikuti Pelayanan Publik Legal Expo 2021, Kalteng, Kemenkumhan, Palangka Raya

Kemenkumham Kalteng ikuti Pelayanan Publik Legal Expo 2021

Kanwil Kemenkumham Kalteng Ilham Djaya (depan) saat mengikuti pembukaan  Pelayanan Publik Legal Expo secara virtual di Palangka Raya, Senin (25/10/2021). ANTARA/HO-Kanwil Kemenkumham Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Dalam rangka memperingati Hari Dharma Karyadhika (HDKD) Tahun 2021, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia mempersembahkan kegiatan Pelayanan Publik Legal Expo yang diselenggarakan secara serentak oleh Unit Pusat dan Kantor Wilayah.

Kakanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah Ilham Djaya di Palangka Raya, Senin yang mengikuti pembukaan secara virtual berharap seluruh kegiatan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kemenkumham Kalteng berjalan dengan baik dan lancar.

"Serta pelayanan publik ini dapat dirasakan langsung oleh seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kota Palangka Raya ini," kata Ilham.

Kepala Kantor Wilayah menyampaikan, Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Tengah menggelar kegiatan Layanan Kewarganegaraan di Hotel Luwansa Palangka Raya dan di Atrium Palangka Raya Mall.

"Kami mempersembahkan pelayanan publik yang terdiri dari Layanan Administrasi Hukum Umum (AHU), Layanan Kekayaan Intelektual (KI), Konsultasi Hukum, Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas) dan Pelayanan Keimigrasian, serta Sosialisasi Layanan Kewarganegaraan," kata Ilham.

Saat mengikuti pembukaan Pelayanan Publik Legal Expo 2021 secara virtual dari Palangka Raya Kakanwil Kemenkumham Kalteng didampingi Kepala Divisi Administrasi M. Ikmal Idrus, Kepala Bagian Program dan Humas Diana Soekowati, Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, dan Keamanan Edi Cahyono dan Kepala Bidang HAM Budi Haryono.

Sementara itu dalam pembukaan Legal Expo Koordinator Bidang Layanan Publik Audy Murfi menyampaikan bahwa Legal Expo yang akan diselenggarakan secara virtual ini dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan.

"Di antaranya yaitu pemberian informasi layanan dari seluruh Unit Utama, Webinar sebagai ruang sosialisasi, dialog dan komunikasi dengan masyarakat serta virtual event yang akan menghadirkan penyanyi Kahitna dan Rizky Febian," katanya.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Kalteng sosialisasikan layanan kewarganegaraan

Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Cahyo Rahadian Muzhar dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan Pelayanan Publik Legal Expo, berharap seluruh jajaran terus mendorong percepatan digitalisasi layanan hukum.

"Khususnya untuk melahirkan pelayanan publik yang transparan, adil, partisipatif dan akuntabel sehingga dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas," katanya.

Kegiatan-kegiatan virtual yang akan diselenggarakan hingga esok hari merupakan cerminan wujud birokrasi digital yang sesuai dengan konsep adaptasi kebiasaan baru untuk menjaga produktivitas pelayanan publik di masa pandemi COVID-19.

Pameran pelayanan publik Kemenkumham yang di gelar di ruang publik dan bertajuk “Kemenkumham Semakin Pasti Bangga Melayani Bangsa Mewujudkan Pelayanan Kelas Dunia” diselenggarakan pada tanggal 25-26 Oktober 2021.

Baca juga: Silaturahmi bersama sesepuh purna bakti perkuat semangat insan pengayoman Kemenkumham Kalteng