Maknai HDKD dengan semangat bekerja dan berkarya

id Kanwil kemenkumham kalteng, ilham djaya, kemenkumham, yasonna laoly, hdkd, kalteng

Maknai HDKD dengan semangat bekerja dan berkarya

Kanwil Kemenkumham Kalteng Ilham Djaya menyerahkan penghargaan kepada Ketua Harian Satgas COVID-19 Palangka Raya, Emi Abriyani terkait vaksinasi dan penanganan virus saat acara upacara, anugerah dan syukuran peringatan Hari Dharma Karya Dhika tahun 2021 secara virtual yang disiarkan dari Graha Pengayoman Kemenkumham RI dan diikuti dari Palangka Raya, Sabtu (30/10/2021). (ANTARA/HO-Kanwil Kemenkumham Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah sambut Hari Jadi Kemenkumham RI dengan mengikuti upacara, anugerah dan syukuran peringatan Hari Dharma Karya Dhika tahun 2021 secara virtual di Graha Pengayoman Kemenkumham RI.

Kegiatan ini diikuti serempak oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia unit pusat maupun di wilayah seluruh nusantara melalui aplikasi zoom meeting, termasuk di Kanwil Kenkumham Kalteng di Palangka Raya, Sabtu.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly mengatakan, makna yang paling penting  adalah bagaimana bekerja dengan tulus tanpa pamrih, dedikasi yang tinggi, serta semangat bekerja dan berkarya untuk memberikan yang terbaik serta keberkahan, baik bagi organisasi Kementerian Hukum dan HAM dan seluruh masyarakat Indonesia.

“Saudara Wakil Menteri Hukum dan HAM  telah membacakan sejarah singkat Kementerian Hukum dan HAM dan saya membacakan Naskah Penetapan Hari Lahir Kementerian Hukum dan HAM. Bahwa telah ditetapkan hari lahir Kementerian Hukum dan HAM pada 19 Agustus 1945 dengan berdasarkan fakta sejarah, dokumen informasi yang autentik, sumber yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya,” jelasnya.

Adapun HDKD 2021 tahun ini bertema "Semakin PASTI" diawali dengan pembacaan sejarah singkat lahirnya Kementerian Hukum dan HAM oleh Wamenkumham Eddy Hiariej. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly.

Sementara itu, mengikuti kegiatan ini Kepala Kantor Wilayah Ilham Djaya, Kepala Divisi Administrasi Ikmal Idrus, Kepala Divisi Pemasyarakatan Yudi Suseno, Kepala Divisi Keimigrasian Ignatius Purwanto, Plh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Karyadi, Pejabat Administrator dan Pengawas bertempat di Aula Mentaya Kantor Wilayah.

Selanjutnya dalam rangkaian kegiatan itu di wilayah kerja Kanwil Kemenkumham Kalteng turut dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan atas bantuan dan dukungannya dalam progam vaksinasi dan penanganan COVID-19 bagi ASN dan WBP Kanwil setempat.

Penghargaan itu secara simbolis diserahkan kepada Tim Satuan Tugas Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah, Rumah Sakit Umum Daerah dr. Doris Sylvanus Palangka Raya, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Palangka Raya, Tim Satuan Tugas COVID-19 Kota Palangka Raya dan Laboratorium Klinik Kimia Farma Palangka Raya.

Dalam sambutannya Ilham Djaya selaku Kepala kantor Wilayah menyampaikan, hari ini merupakan hari penting bagi seluruh jajaran Kemenkumham dan menurut fakta sejarah, dokumen yang autentik dan lain hal maka Peringatan HDKD akan dilaksanakan setiap 19 Agustus untuk tahun berjalan dimulai dari tahun 2022 mendatang.

Dia pun berterima kasih kepada seluruh jajaran khususnya atas bantuan dari pihak Satgas COVID-19 di Kalteng dan Kota Palangka Raya, serta para tenaga kesehatan atas dukungannya dalam progam vaksinasi dan penanganan COVID-19 bagi ASN dan WBP.

"Seperti yang telah disampaikan Menkumham RI dalam amanatnya, pada tahun berjalan dimulai dari 2022 mendatang akan dilaksanakan Peringatan HDKD setiap 19 Agustus dan diharapkan Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah dapat menjadi Satuan Kerja yang Semakin PASTI,” pungkas Ilham kepada seluruh peserta kegiatan yang hadir.