Keberadaan gedung showroom Dekranasda Gumas diharap pacu semangat IKM

id Gunung mas,gumas,Keberadaan gedung showroom Dekranasda Gumas diharap pacu semangat IKM

Keberadaan gedung showroom Dekranasda Gumas diharap pacu semangat IKM

Legislator Gumas Punding S Merang. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Punding S Merang menyambut baik telah diresmikannya gedung showroom Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kabupaten setempat.

“Dengan adanya gedung showroom tersebut saya harap pelaku industri kecil dan menengah kita semakin terpacu untuk menghasilkan produk unggulan,” ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Jumat.

Politisi Partai Golkar itu menyebut, selama ini pelaku IKM Gumas memiliki berbagai produk yang tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan produk dari daerah lain, misalnya saja batik, kecapi, dan lainnya.

Hanya saja, tutur pria kelahiran Kelurahan Tumbang Rahuyan, Kecamatan Rungan Hulu ini, dalam pemasarannya pelaku IKM masih mengalami kendala, khususnya pelaku IKM yang berada di pedesaan. 

Dengan adanya gedung showroom Dekranasda Gumas, maka pelaku IKM dapat menitipkan produk mereka untuk dipamerkan di sana, sehingga lebih mudah diketahui oleh masyarakat luas khususnya wisatawan. 

“Gedung showroom letaknya strategis karena berada di Kota Kuala Kurun, dan di dekat berbagai fasilitas umum. Jadi akan sangat menguntungkan jika pelaku IKM memamerkan produk mereka di sana,” tuturnya.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan II yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini juga meminta Dekranasda Gumas memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk yang ada.

Dengan memanfaatkan media sosial, sambung dia, diharap masyarakat luas akan semakin mengetahui produk IKM dari kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’, serta tertarik untuk membelinya.

Sebelumnya, Ketua Dekranasda Gumas Mimie Mariatie Jaya S Monong mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan TP PKK tingkat kecamatan untuk menampung berbagai produk yang dihasilkan pelaku IKM.

Ibu dari Zefanya Naila dan Ester Gloria ini menjelaskan, bagi pelaku IKM yang ingin menitipkan produk di gedung showroom Dekranasda Gumas dapat berkoordinasi dengan TP PKK di kecamatan masing-masing.