Disperindag: Harga kebutuhan pokok di Palangka Raya mulai stabil

id Disperindag Palangka Raya, Harga kebutuhan pokok di Palangka Raya stabil, Harga kebutuhan pokok di Palangka Raya, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Ka

Disperindag: Harga kebutuhan pokok di Palangka Raya mulai stabil

Pedagang menjajakan daging ayam di pasar tradisional di Kota Palangka Raya, beberapa waktu lalu. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah Kota Palangka Raya Hadriansyah mengatakan memasuki pekan kedua 2022, harga kebutuhan pokok di pasar tradisional di kota setempat mulai stabil.

"Sampai hari ini tadi, di pasar tradisional, harga-harga kebutuhan pokok sudah stabil. Bahkan satu item ada yang harganya turun," kata Hadriansyah di Palangka Raya, Rabu.

Dia menerangkan, penurun harga itu terjadi pada telur ayam broiler dari 2.100 per butir menjadi Rp2.000 per butir. Kondisi ini terjadi karena tingkat konsumsi atau kebutuhan masyarakat terhadap berbagai jenis bahan pangan, mulai normal. Ditambah lagi, tidak ada momen tertentu yang membuat tingkat konsumsi masyarakat tinggi.

"Meski di awal tahun lalu harga terjadi sedikit gejolak harga, namun untuk kondisi stok bahan pangan kita masih aman. Cukup sampai beberapa waktu ke depan," kata Hadriansyah.

Sementara itu, berdasar data Disperindag Kota Palangka Raya pada Rabu (12/1) di Pasar Kahayan harga beras stabil di angka Rp10.000 hingga Rp15.000 per kilogram, tergantung jenis.

Kemudian gula pasir Rp14.000 per kilogram, minyak goreng curah Rp14.000 per liter dan minyak goreng merek bimoli Rp21.000 per liter. Tepung terigu mulai Rp11.000 hingga Rp12.500 per kilogram.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham-Pengadilan Tinggi Kalteng sinergikan Program WBK

Daging sapi murni Rp135.000 per kilogram, daging ayam broiler Rp42.000 per kilogram, ayam kampung Rp70.000 per kilogram dan telur ayam kampung Rp2.500 per kilogram. Cabe merah keriting dan cabe merah biasa Rp70.000 per kilogram, cabe rawit merah Rp100.000 per kilogram. Bawang merah dan bawang merah Rp28.000 per kilogram.

Sebelumnya Kepala Dinas Perdagangan Kota Palangka Raya Rawang menegaskan, pihaknya akan terus berkoordinasi dan memantau langsung aktivitas para distributor dan pedagang. Ini untuk memastikan ketersediaan bahan pangan pasca tahun baru 2022.

"Sejak menghadapi awal Natal hingga pasca tahun baru ini, kami juga terus berkoordinasi dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk memastikan stok utama kebutuhan masyarakat aman," katanya.

Baca juga: Legislator Palangka Raya imbau warga waspadai DBD

Baca juga: Perbaikan jalan Palangka Raya-Kuala Kurun terkendala cuaca