Kadis LH Bartim: Menjaga kebersihan sampah tanggung jawab bersama

id Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah , Lurikto, DLH Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Barito Timur, Barito Timur, B

Kadis LH Bartim: Menjaga kebersihan sampah tanggung jawab bersama

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Barito Timur Lurikto. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Lurikto mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat di wilayah setempat, agar turut serta menjaga kebersihan wilayah masing-masing dari sampah.

"Menjaga kebersihan bukan hanya tanggungjawab pemerintah, tapi semua pihak, termasuk masyarakat," kata Lurikto di Tamiang Layang, Rabu.

Menurutnya, sampah yang tidak diletakkan pada tempatnya atau pada Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang disediakan DLH Barito Timur akan menyebabkan berserakan di jalanan. Selain itu, menjadikan wilayah tersebut berbau tidak sedap serta tidak enak di pandang mata. Terlebih lagi sampah yang cepat membusuk.

"Buang sampah pada tempatnya dan masukkan ke dalam bak sampah yang telah disediakan," kata Lurikto.

Menurut dia, jika sampah dibuang tidak ke dalam bak sampah yang disediakan maka hewan liar seperti anjing dan lainnya akan mencari makan sehingga memporak porandakan sampah dan berhamburan. Untuk itu, Kesadaran masyarakat sendiri menjadi salah satu kunci penting menjaga kebersihan lingkungan. 

Lurikto pun menegaskan bahwa  DLH Barito Timur berkomitmen terus meningkatkan pelayanan kebersihan dan mengerahkan petugas kebersihan untuk menangani persampahan. Mereka menjalankan tugas setiap hari sesuai rute yang sudah ditetapkan.

"Kegiatan rutin petugas persampahan untuk  mengangkut sampah dari TPS yang ada ke Tempat Pembuangan KAhir (TPA) dan membersih-bersihkan lingkungan TPS yang ditemukan secara terus-menerus adanya sampah berserakan," kata dia.

Dia menerangkan, petugas selalu membersihkan lingkungan TPS seperti pada Minggu (27/3) kemarin, petugas kebersihan membersihkan sampah yang berserakan di luar TPS.

"Membuah sampah pada tempatnya dan memasukkan ke dalam bak sampah itu sangat baik dan membantu meringankan beban petugas kebersihan," demikian Lurikto.

Baca juga: Bupati Bartim ajak masyarakat beli produk lokal bantu pemulihan ekonomi

Baca juga: Pemkab Bartim upayakan percepatan vaksinasi booster

Baca juga: Kepala SD dan SMP di Bartim diingatkan tidak terlambat sampaikan LPKS