Bantu bangkitkan UMKM, Pemkab Kobar gelar Bazar

id Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Pemkab Kobar gelar bazaar, bazaar di Kecamatan Pangkalan Banteng, Kobar, Kotawaringin Barat, Kalteng

Bantu bangkitkan UMKM, Pemkab Kobar gelar Bazar

Pj Bupati Kotawaringin Barat Anang Dirjo (kanan dua) saat memantau bazaar yang digelar di Kecamatan Pangkalan Banteng, Minggu (12/6/2022). ANTARA/HO-Prokom Kobar.

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, menggelar bazar di Kecamatan Pangkalan Banteng dari tanggal 12 hingga 19 Juni 2022, sebagai upaya membantu membangkitkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayah setempat.

Bazar ini merupakan kesempatan sekaligus media bagi para pelaku usaha maupun UMKM untuk kembali mempromosikan dan menjual produknya kepada masyarakat, kata Penjabat Bupati Kobar Anang Dirjo di Pangkalan Bun, kemarin.

"Kami berharap bazar ini bisa menjadi momentum untuk bisa bangkit dan kembali berkembang UMKM yang ada di kobar," ucapnya.

Menurut Anang yang juga Kepala Badan Pendapatan Daerah Pemprov Kalteng itu, selama dua tahun terakhir UMKM hampir di semua daerah, termasuk di Kobar, mengalami kendala dalam menjual hasil produksinya akibat adanya pandemi COVID-19.

Dia pun mengajak seluruh lapisan masyarakat di Kobar, agar mendukung kegiatan yang diselenggarakan pemerintah daerah dalam membantu membangkitkan UMKM. Dan, pemerintah desa harapannya bisa terus menggali potensinya serta menjalin kemitraan dengan seluruh stake holder yang ada, termasuk pihak swasta.

Baca juga: Pj Bupati: Persiapan keberangkatan CJH dari Kobar harus optimal

"Di Kobar ini kan banyak investor perkebunan dan lainnya yang bisa diajak bekerjasama. Sekarang ini tinggal bagaimana para pemangku kepentingan untuk bisa bergandeng tangan dan saling mendukung," kata Anang.

Bazar yang digelar di halaman kantor Camat Pangkalan Banteng itu diikuti oleh para pelaku usaha di berbagai bidang seperti perbankan, otomotif, fashion, kuliner dan lainnya.

Camat Pangkalan Banteng Indra Wardana dalam laporannya menyampaikan, selain menampilkan berbagai bidang usaha masyarakat, dalam kegiatan ini juga disediakan panggung yang menampilkan berbagai seni budaya dari setiap desa yang ada di Kecamatan Pangkalan Banteng.

"Kegiatan ini tidak hanya kita tujukan sebagai penggerak sektor ekonomi paska pandemi saja, namun sebagai ruang-ruang kreasi dan hiburan positif bagi masyarakat," kata Indra.

Baca juga: Jalin silaturahmi, Pj Bupati Kobar kunjungi sejumlah tokoh

Baca juga: Cegah kedaluwarsa, Pengawasan obat dan makanan di Kobar perlu diperketat

Baca juga: Kotawaringin Barat dapat kucuran pendidikan Rp1,6 miliar lebih