Kejuaraan catur pelajar se-Kalteng dorong peningkatan prestasi

id Pemprov kalteng, catur, turnamen catur pelajar kalteng, percasi, palangka raya, olahraga, kalteng

Kejuaraan catur pelajar se-Kalteng dorong peningkatan prestasi

Peserta Turnamen Catur Antar Pelajar se-Kalteng tahun 2022 di Palangka Raya, Sabtu, (13/8/2022). ANTARA/Muhammad Arif Hidayat

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menggelar kejuaraan catur antar pelajar tahun 2022, sebagai salah satu upaya memacu peningkatan prestasi pada cabang olahraga tersebut.
 
"Kami harap turnamen ini menumbuhkembangkan iklim kompetisi dan motivasi yang sehat, untuk meraih prestasi pada cabor catur," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kalteng Eka Aprilianti di Palangka Raya, Sabtu.
 
Adapun turnamen ini diikuti para pelajar dari semua jenjang pendidikan, mulai dari, SD, SMP maupun SMA sederajat, dengan jumlah peserta sebanyak 125 orang dari 14 kabupaten dan kota se-Kalteng.
 
Eka mengatakan, melalui penyelenggaraan turnamen ini diharapkan anak-anak yang berpotensi sebagai atlet catur dapat terus diasah sehingga mampu menggapai puncak prestasi.
 
Semakin banyak diselenggarakan turnamen seperti ini, kata dia, tentu kemampuan dan mental bertanding dari anak-anak akan semakin meningkat, hingga pada akhirnya dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya dalam berbagai agenda pertandingan.
 
"Turnamen ini juga sekaligus sebagai sarana belajar memahami arti menang dan kalah bagi para peserta didik," terangnya.

Baca juga: Wagub Kalteng serahkan klaim BPJS Ketenagakerjaan senilai Rp1 miliar
 
Eka menuturkan, jika menang anak-anak diharapkan tetap rendah hati dan tidak sombong, karena seperti adanya pepatah 'di atas langit masih ada langit'. Sedangkan jika kalah, agar tidak menyerah, belajar meningkatkan rasa percaya diri, serta terus belajar maupun bekerja keras.
 
"Kendati di sini mereka saling bersaing untuk menjadi yang terbaik, kami selalu menekankan agar selalu bersikap jujur dan menjunjung tinggi sportivitas dalam pertandingan," jelasnya.
 
Lebih lanjut Eka mengatakan, tak kalah pentingnya selain sebagai arena bertanding, kegiatan ini juga menjadi sarana menjalin silaturahmi, memperkuat jalinan tali persaudaraan antara satu dan lainnya.
 
Sebelum mengakhiri perbincangannya, dia menyampaikan, dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, mengamanatkan pembinaan olahraga menjadi sangat strategis mewujudkan manusia Indonesia berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan tangguh.

Baca juga: Cegah tumpang tindih data, DTPHP Kalteng mulai laksanakan penandaan ternak

Baca juga: DTPHP bantu petani Kalteng kembangkan budi daya bawang merah

Baca juga: DPRD dan Pemprov Kalteng tandatangani KUA PPAS APBD tahun 2023